Penulis: Oktavia Sukmawati (Mahasiswi UIN Mataram)

KORANNTB.comPantai Ampenan di Kota Mataram memiliki keindahan sunset yang memukau. Wisata di Kota Tua ini beberapa tahun terakhir mulai diperbaiki dengan penambahan sejumlah sarana dan prasarana.

Namun siapa sangka, pantai ini dulunya merupakan pelabuhan tua yang digunakan pada zaman Belanda. Namun kini pelabuhan tersebut telah berpindah ke kawasan Lembar, Lombok Barat. Memang pada tahun 1979 terjadi gelombang besar di Selat Lombok. Namun sejauh ini masih terdapat sisa-sisa reruntuhan pelabuhan di sekitar pantai ini.

Di sisi barat wisata ini terdapat terminal BBM Pertamina. Ada pula replika kapal yang ditopang kayu yang teronggok di tepi Pantai Ampenan. Destinasi alam ini dikenal memiliki pasir hitam dan bebatuan yang mengelilinginya. Tak hanya itu, ganasnya ombak juga terlihat oleh mata.

Banyak pengunjung yang betah bersantai di pantai ini. Apalagi pada sore hari, kawasan wisata Ampenan ramai dikunjungi pengunjung. Ada yang berjalan-jalan di pinggir pantai sambil menikmati cuaca cerah dan ada juga yang duduk di dekat bebatuan sambil mengobrol.

Tempat wisata Pantai Ampenan terletak di Jalan Pabean, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Lokasi sangat strategis karena berada di tengah kota yang mudah diakses. Dari arah Bandara Internasional Lombok hanya berjarak 37 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam dengan kendaraan pribadi.