KORANNTB.com – Anggota DPD RI Evi Apita Maya merealisasikan program unggulannya dalam mendukung pembangunan NTB.

Evi, yang maju lagi menjadi Caleg DPD RI Dapil NTB nomor urut 3 ini menjawab kebutuhan utama masyarakat NTB dalam hal akses pendidikan.

“1.100 beasiswa untuk anak-anak NTB. Sudah keluar SK-nya dan sudah kita bagikan,” ucapnya dalam wawancara khusus yang dikutip, Senin (8/1/2024).

Evi mengaku akan bertambah lagi generasi muda NTB yang akan mendapatkan beasiswa.

“Jadi saya tetap akan melanjutkan apa yang sudah saya kerjakan dan apa yang nanti masyarakat butuhkan,” jelasnya.

Evi Apita Maya, S.H., M.Kn, adalah seorang notaris dan politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) periode 2019–2024. Ia merupakan anggota DPD dari Nusa Tenggara Barat (NTB) peraih suara terbanyak dengan raihan 283.932 suara.

Sejak masih pelajar, dirinya sudah tertarik dengan bidang politik. Hal ini berlanjut terus hingga dirinya menjadi mahasiswi Ilmu hukum di Universitas Diponegoro. Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan magisternya di Universitas Mataram dan lulus dengan gelar cumlaude.

Semula, Evi berprofesi sebagai notaris sambil mengikuti berbagai organisasi. Ia tercatat pernah menjadi anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)

Ketertarikannya di bidang politik membawanya bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) ketika partai tersebut baru dibentuk pada masa reformasi. Ia pernah menjabat sebagai wakil bendahara umum pada awal berdirinya PAN di NTB.

Setelah pemilu 2004, ia keluar dari PAN dan beralih ke Partai Hanura. Ia menjabat sebagai bendahara umum Hanura di NTB selama tiga periode.

Lewat Hanura, ia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif DPRD NTB pada pemilihan umum 2009 dan 2014.