KORANNTB.com – Smartphone Gaming. Pada tahun 2019 yang lalu, ada sebuah brand smartphone baru yang diluncurkan di dunia dan sudah masuk ke negara-negara lain seperti Indonesia yang Bernama iQOO. Anda mungkin masih belum terlalu mengenal brand yang berasal dari Cina ini, namun sejatinya iQOO merupakan sub-merek dari Vivo.

Masyarakat Indonesia sendiri sebetulnya sudah sangat kenal dengan Vivo karena memang melakukan advertising secara massif baik online maupun offline. Namun, iQOO ternyata sudah cukup banyak dikenal oleh kalangan gamer karena memang spesifikasinya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pasar akan smartphone gaming. Salah satu yang terkenal adalah iQOO 12 Pro.

Pilihan Smartphone untuk Gaming dari iQOO

Agar bisa mengenal produk-produk dari iQOO dengan lebih baik, berikut beberapa rekomendasinya:

1. iQOO 12 Pro

Dirilis pada bulan Desember 2023 yang lalu, ponsel ini jelas ditujukan bagi anda yang suka bermain game tanpa hambatan karena ini adalah ponsel  pintar pertama yang diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3. Sebuah chipset canggih yang baru saja dikeluarkan sebulan sebelumnya.

Untuk penyimpanan, iQOO 12 dilengkapi RAM 16 GB dan penyimpanan 512 GB. Ponsel ini juga bisa diupgrade ke kapasitas penyimpanan yang lebih besar jika pengguna menginginkannya. Meski berbeda dengan Vivo yang fokus pada ponsel dengan kemampuan kamera ciamik, iQOO juga tak kalah dibekali dengan kamera belakang beresolusi 50 MP dan kamera depan dengan resolusi 16 MP sehingga gambar yang dihasilkan tak kalah cantik.

Layer ponsel ini berukuran 6,78 inci dengan panel AMOLED sehingga warna-warna yang dihasilkan begitu memanjakan mata. Untuk menambah keamanan, terdapat fitur sidik jari. Sebagai ponsel gaming, baterai yang dimiliki iQOO 12 berukuran 5.000 mAh dengan fitur fast charging 120 watt sehingga tahan dipakai dalam jangka waktu agak lama tanpa perlu sering-sering melakukan pengisian daya.

Ponsel ini sudah memiliki konektivitas 5G. terdapat fitur tambahan pelengkap seperti NFC yang membantu pengguna bisa langsung mengisi e-money mereka tanpa perlu pergi ke ATM. Tersedia dua pilihan warna yaitu putih dan hitam yang tampak mewah. Ponsel ini dibanderol dengan harga sekitar 11 juta rupiah.

2. iQOO Z7

Tidak hanya ponsel-ponsel flagship, iQOO juga tetap memiliki produk untuk pasar menengah dan juga entry level. iQOO Z7 adalah ponsel gaming dengan harga 4,5 juta rupiah dan kualitasnya jelas mumpuni karena diotaki oleh Snapdragon 782G Mobile Platform. Sedangkan untuk operating system-nya, ponsel ini menggunakan Android 13 [Funtouch OS 13].

Untuk masalah penyimpanan, ponsel ini memiliki RAM 12GB dan bisa ditambah 8 GB lagi. Sedangkan media penyimpanan adalah 256 GB sehingga tentu sangat memuaskan para gamer yang bermain game online. Layar berukuran 6,64″ 120Hz Refresh Rate Eye Protection, cukup lebar untuk menonton dan nyaman saat mengetik. Warna-warna yang dihasilkan pun jernih dan nyaman dipandang.

Dari segi kamera, ponsel ini dibilang sangat mantap karena memiliki kamera belakang dengan resolusi 64 MP sehingga foto-foto yang dihasilkan tentu cantik. Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi 16 MP.

Berat ponsel ini hanya 200 gram saja, terasa ringan saat digenggam. Dua pilihan warna mewah yang cocok dengan kepribadian anda adalah metallic grey dan metrix blue. Ponsel ini sudah memiliki konektivitas 5G dan dilengkapi dengan fitur seperti NFC.

Selanjutnya…