KORANNTB.com – Ada berbagai tips liburan ke Gili Trawangan mulai dari tips aman liburan dan tips hemat liburan yang patut dicoba traveller.

Gili Trawangan merupakan pulau mungil di bagian utara Pulau Lombok. Jika melalui Pelabuhan Bangsal di Lombok Utara, traveller akan melewati Gili Air dan Gili Meno sebelum tiba ke Gili Trawangan.

Berikut ini adalah tips ke Gili Trawangan yang patut dicoba agar aman dan hemat biaya:

1. Berangkat pagi

Berangkat di pagi hari paling aman dilakukan untuk menuju Gili Trawangan. Itu bukan alasan, karena pagi hari relatifnya cuaca sedang baik dan ombak juga tidak tinggi, sehingga aman bagi yang ingin liburan ke Trawangan.

2. Makan di Bangsal

Bagi yang ingin hemat biaya, sebaiknya sebelum berangkat ke Trawangan terlebih dahulu makan di Bangsal. Di sana tentu harga makanan jauh lebih murah dibanding Gili Trawangan. Harga makanan di Gili Trawangan relatifnya lebih tinggi karena bahan baku dibawa menggunakan perahu yang tentunya berbiaya.

3. Belanja di Bangsal

Untuk yang ingin berbelanja pakaian renang, topi, kacamata atau aksesoris lainnya juga makanan ringan dan minuman dapat berbelanja di Bangsal atau di Lombok yang tentunya murah. Namun jika memiliki dana yang lebih dapat juga  membeli di Gili Trawangan, karena harga tidak terlampau mahal.

Ini bukan bagian dari mengajak tidak berbelanja di Gili, namun sebagai tips perjalanan hemat.

4. Gunakan sandal

Ada baiknya Anda menggunakan sandal bukan sepatu saat berlayar ke Gili Trawangan atau Gili lainnya. Itu karena untuk menaiki perahu Anda harus melewati air laut setinggi sepatu Anda atau lebih, sehingga dengan menggunakan sandal, Anda tidak perlu repot membuka sepatu Anda.

5. Low season

Tips liburan hemat ke Gili Trawangan bisa dilakukan pada saat low season alih-alih high season. Itu karena saat low season, tamu atau pengunjung lebih sepi, sehingga harga akomodasi penginapan lebih murah. Low season biasanya saat awal tahun. Sementara high season saat musim libur atau akhir tahun.

6. Hotel murah

Anda dapat mencari hotel yang murah saat liburan ke Gili Trawangan. Beberapa aplikasi penyewaan hotel seperti Agoda bisa menjadi pilihan karena harganya terjangkau.

7. Sewa sepeda

Saat ke Gili Trawangan tentu mengitari Gili Trawangan dengan menggunakan sepeda sangat direkomendasikan. Selain murah, menggunakan sepeda juga sangat sehat.

Tarif menyewa sepeda hanya Rp50 ribu sehari. Anda bisa menghubungi pihak hotel tempat Anda nginap untuk menyiapkan sepeda.

Sementara untuk sepeda listrik juga ada di sana. Namun selain harga lebih mahal, sepeda listrik di Gili Trawangan saat ini masih ilegal dan kadang sering dilakukan razia. Itu karena Gili Trawangan hanya memperbolehkan alat transportasi sepeda dan cidomo atau alat transportasi tradisional menggunakan kuda.

8. Pasar malam

Pasar malam Gili Trawangan atau Trawangan Night Market sangat direkomendasikan sebagai tempat makan malam. Harga kuliner di sana cukup terjangkau Rp25 ribu untuk banyak jenis kuliner. Dengan membeli dua tusuk kuliner sudah mendapatkan nasi dan sayur-sayuran gratis.

9. Perahu umum

Saat menuju Gili Trawangan dapat menggunakan perahu umum karena harga yang terjangkau. Dari Pelabuhan Bangsal hanya Rp20 ribu per orang dewasa dan gratis untuk anak-anak.

Sementara untuk speedboat Rp80 ribu per orang. Namun keistimewaan speedboat akan langsung berangkat tanpa menunggu penumpang penuh layaknya perahu umum. Selain itu menggunakan speedboat akan cepat sampai.

10. Pantai tanpa resto

Jika hanya ingin menikmati pantai tanpa mengeluarkan biaya nongkrong, bisa mencari pantai tanpa resto. Itu sangat banyak ditemui di Gili Trawangan. Pantai pasir putih dengan jernihnya air laut akan menemani Anda.

Itu dia tips hemat dan aman saat liburan di Gili Trawangan. Pulau yang indah dan menjadi favorit para “bidadari pirang” alias turis mancanegara.