KORANNTB.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTB akan mendalami dugaan pelanggaran netralitas oleh Guru Besar Universitas Mataram, Prof Zainal Asikin.

Ketua Bawaslu NTB, Itratif mengatakan pada prinsipnya semua ASN harus netral dan Bawaslu akan mendalami keterlibatan Prof Asikin dalam menyuarakan dukungan terhadap salah satu calon anggota legislatif.

“Semua ASN harus netral. Nanti kita dalami, termasuk dari mana sumbernya dan kapan dibuat,” kata Itratif dihubungi, Kamis, 7 Februari 2024.

Sebelumnya, beredar sebuah video memuat pernyataan Guru Besar Unram Prof Asikin yang diunggah pada 5 Februari yang disebarkan oleh akun Facebook Nurdin Ranggabarani.

Dalam video berdurasi 34 detik tersebut Prof Asikin mengucapkan selamat ulang tahun kepada Nurdin Ranggabarani dan akan mendukungnya menuju DPD RI.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Sahabatku Nurdin Ranggabarani saya ucapkan selamat ulang tahun semoga panjang umur, semoga tetap sehat walafiat dalam perjuangan menuju ke Dewan Perwakilan Daerah. Semoga capaian akan berhasil dengan sebaik-baiknya. Kami sekeluarga mendukung perjuangan Anda menuju ke DPD RI…” kata Prof Asikin.

Sebagai informasi Nurdin Ranggabarani saat ini maju sebagai Caleg DPD RI dari NTB. Ucapan Prof Asikin akan didalami oleh Bawaslu NTB apakah akan mengarah ke pelanggaran netralitas atau tidak.

Video tersebut juga telah tersebar di beberapa grup Whatsapp yang meminta Bawaslu untuk mengusut dugaan pelanggaran netralitas tersebut.