KORANNTB.com – Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Taufan Rahmadi mengatakan Prabowo-Gibran telah unggul di 35 provinsi mengalahkan calon lainnya. Data tersebut berasal dari situs Kawalpemilu.org.

“Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul di 35 Provinsi se-Indonesia dengan presentase kemenangan akumulatif sebesar 53.62%. Hasil kemenangan ini berdasarkan Upload C-Hasil pada pukul 18.00 pada laman Kawalpemilu.org sebanyak 95.186 TPS di seluruh Indonesia dan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN),” katanya, Rabu, 14 Februari 2024.

Dia mengatakan, dari statistik yang ada sebagian besar tempat kemenangan Prabowo-Gibran dari daerah yang sebelumnya diprediksi akan kalah.

“Jika dilihat dari statistik sebaran Upload C-Hasil dari laman tersebut maka rata-rata Prabowo-Gibran meraih kemenangan di daerah yang sebelumnya di prediksi akan kalah, seperti di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan Banten. Sementara ini di Pulau Jawa Prabowo-Gibran hanya kalah dengan pasangan Anies-Muhaimin di DKI Jakarta dengan selisih 1.20%,” ujar dia.

Bahkan di luar Jawa, kata Taufan suara Prabowo-Gibran terus mendominasi mengalahkan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

“Untuk Luar pulau Jawa, Prabowo-Gibran begitu mendominasi terutama di Pulau Sumatera, dari 10 Provinsi di Pulau Sumatera Prabowo-Gibran hanya kalah di Provinsi Aceh dan Sumatera Barat,” kata dia.

“Begitu juga dengan Provinsi yang ada di Pulau Sulawesi, meskipun di Provinsi Sulawesi Selatan yang di mana notabene daerah tersebut identik dengan Partai NasDem serta Mantan Wakil Presiden Indonesia yang menjadi bagian dari Paslon 01, Jusuf Kalla, disini Prabowo Gibran unggul tipis 1.05%,” ujarnya.

Dia mengaku optimis Prabowo-Gibran akan menang satu putaran dan suara akan terus bertambah hingga hasil perhitungan cepat selesai nanti.

“Jika melihat jumlah TPS yang masuk, kemungkinan data ini hanyak akan bergerak 2-3% hingga akhir, menurut regulasi yang tertera pada UU Pemilu Tahun 2017 pasal 416 Ayat 1 Pasangan Calon yang memperoleh suara lebih dari 50% dari jumlah suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden paling sedikit 20% di 1/2 (Setengah) Provinsi di Indonesia,” kata dia.

“Artinya bisa disimpulkan bahwa Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memenangkan Pilpres dengan satu putaran,” ujar dia.