KORANNTB.com – Dapil NTB I Pulau Sumbawa menjadi pertarungan yang paling panas dan seru. Tiga nama saling kejar-kejaran untuk tidak tersingkir dari kursi terakhir.

Seperti diketahui, Dapil NTB I Pulau Sumbawa hanya tersedia tiga kursi untuk DPR RI. Saat ini perhitungan suara KPU baru di angka 57,88 persen. Kursi pertama berpotensi diraih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan total suara partai tertinggi 76,470. Mahdalena meraih suara tertinggi mencapai 66.567 suara.

Posisi kedua saat ini adalah Partai Nasdem dengan total suara partai 43,079. Mori Hanafi memiliki suara tertinggi 28.900 suara.

Kemudian ada PKS yang mencapai total suara partai 42,865. Posisi suara tertinggi diraih Johan Rosihan dengan total suara sementara 29.928.

Kemudian terakhir ada PAN dengan jumlah suara keseluruhan 41.604 suara. Suara tertinggi diraih Muhammad Syafrudin dengan tital 32.031 suara.

Seperti diketahui, KPU menerapkan teknik Sainte Lague murni untuk menentukan kursi DPR. Itu dengan pembagian angka ganjil (1,3,5,7 dst). Untuk menentukan kursi pertama, suara partai akan dibagi satu. Begitu juga dengan menentukan kursi kedua suara partai yang mendapat kursi pertama akan dibagi tiga, sementara suara partai lain untuk kursi kedua dibagi satu. Begitu pula seterusnya.

Potensi siapa yang meraih kursi di Dapil NTB 1 masih terbuka lebar mengingat masih tersisa 43 persen lagi suara yang belum masuk dalam data KPU.