KORANNTB.comMalam Nisfu Syaban jatuh pada hari ke 15 bulan Syaban. Untuk tahun 2024 malam Nisfu Syaban jatuh pada Sabtu malam, 24 Februari 2024 hingga Minggu 25 Februari 2024.

Dilansir dari NU Online, malam Nisfu Syaban merupakan pertengahan bulan Syahban di mana pada malam tersebut penuh berkah dari Allah SWT.

Ada 10 keutamaan malam Nisfu Syaban, yaitu:

1. Malam yang diberkahi (Mubarakah)

Pada malam tersebut Allah memerintahkan para malaikat untuk turun dari langit dan menebarkan kebaikan kepada manusia. Ini menjadi keberkahan bagi umat Nabi Muhammad SAW.

2. Malam pembagian takdir (Qismah wa at-Takdir)

Malam tersebut di mana malaikat akan membagikan takdir kepada manusia, mulai dari keberkahan, rezeki, jodoh, mulia, hina, pangkat dan lainnya.

3. Malam penghapusan dosa (at-Takfir)

Pada malam tersebut juga menjadi malam penghapusan dosa manusia. Allah mengampuni dosa umat muslim selama satu tahun. Terhitung sejak malam tersebut hingga malam Nisfu Syaban tahun selanjutnya.

4. Malam diterima doa (al-Ijabah)

Doa-doa umat muslim pada malam tersebut akan diterima oleh Allah. Sehingga malam tersebut sangat istimewa bagi umat muslim di dunia.

5. Malam kehidupan (al-hayat)

Pada malam tersebut juga Allah tidak akan mematikan hati hamba-Nya ketika hati manusia di dunia mati. Misalnya jika pada malam tersebut umat memikirkan tentang dunia semata, pada hamba-Nya yang beribadah pada malam itu tidak akan ikut terlena dengan dunia.

6. Hari raya malaikan

Malam tersebut menjadi malam hari raya para malaikat. Jika manusia memiliki hari raya fitri dan kurban, maka malaikan juga memiliki dua hari raya yaitu malam Nifsu Syaban dan malam Lailatul Qadar.

7. Malam Syafaat

Malam tersebut menjadi malam sempurnanya syafaat. Dilansir dari NU Online, Rasulullah ditanya perihal syafaatnya yang akan diberikan kepada umatnya, saat itu ia menjawab hanya akan memberikan sepertiga kepada mereka.

“Pada malam tanggal 14, ia ditanya kembali perihal syafaat yang akan diberikan pada umatnya, saat itu ia menjawab hanya akan memberikan dua pertiga syafaat kepada mereka. Namun, tepat ketika malam nisfu Sya’ban ketika pertanyaan itu disampaikan kepada Rasulullah, dengan tegas ia menjawab bahwa syafaatnya akan diberikan semuanya kepada umatnya. Oleh karenanya, malam ini disebut dengan malam sempurnanya syafaat.”

8. Malam kemerdekaan (al-‘Itqu)

Pada malam tersebut juga menjadi malam kemerdekaan, di mana separuh umat Nabi Muhammad diangkat dari neraka.

9. Malam pembebasan (al-Baraah)

Allah pada malam tersebut mencatat kebebasan bagi hamba-hamba-Nya yang beriman dari neraka.

10. Malam hadiah (al-Jaizah)

Malam mulia tersebut hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad, sehingga disebut sebagai malam hadiah. Malam tersebut menjadi hadiah langsung dari Allah khusus untuk umat Nabi Muhammad SAW.

Baca selanjutnya: amalam yang harus dilakukan…