Mataram – Fraksi PKS DPR mengapresiasi upaya penanganan tanggap darurat gempa yang telah dilakukan oleh Pemda, Pemerintah Pusat, para relawan dan donatur yang sampai saat ini bantuannya terus mengalir ke NTB. Hal itu disampaikan Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini saat mengunjungi korban gempa Lombok, Senin(13/8/2018).

Meski demikian, ia mendesak Pemerintah agar dalam mengkoordinasikan bantuan dilakukan secara merata dan menyeluruh, apalagi Presiden Jokowi telah datang langsung meninjau lokasi.

“Pantauan kami di lapangan beberapa lokasi belum tersentuh bantuan. Jadi kami minta distribusi bantuan merata dan menyeluruh. Jangan sampai tempat-tempat yang didatangi Presiden, misalnya cepat dibantu, sementara tempat lain lambat. Tempat-tempat yang tidak dikunjungi Presiden pun tetap harus mendapat bantuan seperti MCK dan perlengkapan mandi, obat-obatan, serta kebutuhan bahan pokok lainnya,” pintanya.

Menurut dia, dari hasil inventarisir melalui serap aspirasi korban gempa, problem yang dihadapai oleh korban terdampak bencana meliputi berbagai macam kebutuhan, diantaranya:

  1. Kebutuhan pokok untuk makan sehari-hari.
  2. Kebutuhan tenda, fasilitas MCK dan perlengkapan mandi.
  3. Kebutuhan obat-obatan dan layanan medis.
  4. Kebutuhan peralatan dan bantuan tenaga untuk merobohkan bangunan yang runtuh dan membersihkan puing-puing.
  5. Kebutuhan bantuan untuk membangun kembali rumah warga.

“Solidaritas, empati dan kepedulian kita terhadap korban gempa NTB dan sekitarnya luar biasa. Ini menjadi bukti bahwa bangsa kita memiliki rasa kemanusiaan dan gotong royong yang tinggi. Atas nama Fraksi PKS kami bangga dan mengapresiasi!,” pungkas Jazuli. (f)