KoranNTB.com – Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) di Jatim Expo Surabaya Jawa Timur, Sabtu, 02 Februari 2019.

Rakornas instansi yang dinakhodai  Letjen Doni Munardo ini dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. Dalam arahannya, presiden meminta untuk dibuat sistem informasi bencana di setiap daerah.

“Masyarakat kita di Indonesia ini sebagian besarnya tinggal di daerah cincin api yang sewaktu-waktu dapat terjadi bencana. Untuk itu, sistem informasi bencana itu harus segera ada di setiap daerah supaya masyarakat lebih cepat mendapatkan informasi tentang kebencanaan,” ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan, perlu dilakukan pendidikan kebencanaan atau mitigasi kepada masyarakat agar  mengetahui apa yang harus dilakukan saat bencana terjadi.

“Saya pernah menonton video dimana, masyarakat Jepang dengan tenang menghadapi gempa yang menimpa mereka. Ketika alarm peringatan berbunyi, mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri,” jelas presiden.

Presiden juga mengungkapkan, saat terjadi bencana, hal yang masih sangat sulit untuk dilakukan dengan baik menyangkut masalah koordinasi antar pihak-pihak terkait.

“Masalah koordinasi antar pihak terkait ini menjadi salah satu yang masih sangat sulit dilakukan manakala bencana sedang terjadi. Ke depan, ini harus benar-benar diperhatikan dengan baik dan serius untuk memudahkan penanganan saat terjadi bencana,” jelas presiden.

Rakornas BNPB 2019 ini mengangkat tema Kita Jaga Alam Jaga Kita. Hadir mendampingi Wagub adalah Kalak BPBD NTB Muhammad Rum, Kepala Bappeda NTB Ir. Ridwansyah dan Plt. Karo Humas dan Protokol NTB Najamuddin. (red)