KoranNTB.com – Pemerintah Provinsi  Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama BP3TKI Mataram mendampingi pemulangan jenazah Noviana Sabnani di kampung halamannya Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa, 28 Februari 2019.

Noviana Sabnani merupakan anggota Palang Merah Indonesia (PMI) nonprosedural yang bertugas di Malaysia sejak 2016. Noviana mengalami sakit yang menyebabkan kondisinya lemas dan merasa lumpuh. Dia sebelumnya melapor ke KBRI Kuala Lumpur untuk meminta bantuan agar dapat dipulangkan ke Indonesia guna melanjutkan pengobatan di daerah asal.

Pada 22 Februari 2019 saat tiba di Lombok Internasional Airport, korban mengalami sakit, sehingga Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) BIL  menfasilitasi Noviana untuk mendapatkan perawatan di puskesmas terdekat hingga dirujuk ke Rumah Sakit Provinsi NTB.

Link Banner

Namun pada 24 Februari 2019, Noviana meninggal dunia dalam perawatan. Pihak rumah sakit mengatakan dia mengalami riwayat penyakit TBC dan komplikasi lainnya termasuk paru-paru dan lemah jantung.

Pemprov NTB dan BP3TKI Mataram mengantarkan jenazah hingga ke Bandara Eltari Kupang. Santunan juga diberikan pada keluarga korban.

Kadisnakertrans Provinsi NTB, Agus Patria mengatakan pemulangan jenazah menjadi tugas pemerintah untuk melayani masyarakat terlepas dari provinsi mana mereka berasal.

Agus berharap bahwa kerjasama yang baik ini dapat terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan, mengingat NTB dan NTT memiliki permasalahan yang sama, yaitu masih tingginya penempatan PMI nonprosedural. (red/7)