KoranNTB.com – Pasca gempa bumi yang terjadi di Lombok dan Sumbawa yang meluluh lantakan puluhan ribu rumah milik masyarakat Lombok dan Sumbawa baik rusak ringan, sedang dan rusak berat.

Untuk memulihkan dan mempercepat proses rehabilitasi dan rekonstruksi, pemerintah daerah bekerjasama dengan TNI dan Polri serta instansi terkait merekrut ribuan fasilitator sesuai kebutuhan.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, usai upacara penutupan Opster TNI tahun 2019 dan penyerahan piala dan hadiah di Lapangan Tanjung Kabupaten Lombok Utara oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri menyampaikan Satgas terpadu rehab rekons pasca gempa memberikan penghargaan kepada para fasilitator terbaik dari TNI, Polri dan masyarakat.

“lni dilakukan sebagai bentuk
apresiasi atas dedikasi dan semangat mereka dalam membantu proses percepatan rehab rekons warga terdampak gempa sehingga yang lain juga ikut termotivasi dan memacu diri untuk terus membantu proses percepatan rehab rekon dengan baik,” ujar Danrem.

Adapun fasilitator yang memperoleh piala dan hadiah pada rangkaian Upacara Penutupan Opster TNI yang diserahkan langsung Kasdam IX/Udayana, Kapolda NTB Irjen Pol Achmat Juri, Kalak BPBD NTB, Danrem 162/WB dan Kadis Perkim antara lain, kategori rumah rusak berat berturut-turut juara I Sertu Sumiadi dari Kodim 1606/Lobar, juara II ada tiga orang yakni Serda Suhaedi dari Kodim 1620/Loteng, Bripka Ikraman dan Ahmad Yani dan juara III diraih oleh Sertu Hadirin dari Kodim 1615/Lotim, Bripka Lalu Riko dan Rohiatul Asri.

Untuk fasilitator Rumah Rusak Sedang juara I berasal dari Kabupaten Lombok Tengah yakni Serda Bahram dari Kodim 1620/Loteng, Bripka Zulhadirahman dan Lalu Gina. Juara II dari wilayah Kabupaten Lombok Barat yakni Serka Marzuki dari Kodim 1606/Lobar dan juara III Sertu M. Mawardan dari Kodim 1615/Lotim.

Sedangkan untuk rumah rusak ringan diperoleh fasilitator Kabupaten antara lain Sertu Rusni Febrian, Aiptu Supratman dan M. Faruki, Juara II Kabupaten Lotim yakni Serda Lalu Mashuri dan Juara III dari Kabupaten Lombok Barat Sertu Mujitahid,Bripka Ida Made Astawa dan Turmuzi. (red/4)