Ini Fungsi Kampus Lama Setelah Unram Pindah

KoranNTB.com – Universitas Mataram (Unram) rencananya akan dipindah. Belum diketahui pasti di mana lokasi kampus tersebut akan dibangun, namun wacananya ada tiga alternatif lokasi pembangunan Unram baru, masing-masing adalah Lombok Utara, Lombok Timur dan Lombok Barat.

Meskipun dipindah, bukan berarti kampus Unram di Kota Mataram akan kosong. Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, mengatakan kampus lama akan dijadikan kampus untuk gelar master (S2) dan doktor (S3).

“Terus lokasi Unram sekarang?
Tentu tetap menjadi Unram tapi mungkin fokusnya lebih pada S2 dan S3 dan berbagai pendidikan eksekutif dan lain-lain,” tulis Zulkieflimansyah melalui akun media sosial miliknya, Senin, 15 April 2019.

Zulkieflimansyah meminta para pemilik kos yang saat ini diuntungkan dengan adanya Unram di Mataram, tidak perlu khawatir, karena kos mereka akan ditempati oleh mahasiswa S2 dan S3.

“Pemilik kos dan bisnis nggak perlu khawatir karena kalau sekarang yang kos adalah mahasiswa S1 maka ke depan yang kos ya mahasiswa S2 dan mahasiswa S3. Jalan panjang, memang harus kita mulai dengan langkah pertama,” ungkapnya.

Unram baru akan dibangun di lahan seluas 200 hingga 300 hektar. Pembangunan akan diprioritaskan di daerah sepi, luas dan tertinggal untuk memajukan daerah tersebut.

“Rencana mengembangkan Unram ke luar Mataram adalah ide yg sangat bagus. Kita pindahkan Unram ke tempat sepi, luas dan tertinggal. Kira-kira 200 atau 300 hektar,” jelasnya.

Gubernur menjelaskan, dengan dibangunnya Unram di wilayah terpencil dan sepi, maka daerah tersebut akan berkembang pesat. (red/6)