KoranNTB.com – Hari Bhayangkara ke-73 dimanfaatkan Polda NTB untuk menggelar bhakti kesehatan di Polres Lombok Utara, Selasa, 18 Juni 2019.

Kegiatan tersebut juga menyasar masyarakat yang menjadi korban gempa dengan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis.

Tidak hanya polisi, jajaran TNI juga turut serta melakukan bhakti kesehatan. Acara tersebut dihadiri Gubernur NTB, Danrem 162/WB, Danlanal Mataram dan Danlanud Rembiga, Bupati Lombok Utara, Kepala Klinik TNI (AD, AU, AL), Ketua Bhayangkari Daerah NTB dan pengurus serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan korban gempa Lombok Utara.

Dalam sambutannya Kapolda menyampaikan pasca gempa, Lombok terus bangkit membangun kembali daerahnya. TNI-Polri turut serta membantu proses pemulihan pasca gempa.

“Beberapa waktu lalu di Nusa Tenggara Barat tepatnya bulan Juli-Agustus 2018 terjadi bencana alam gempa bumi di mana salah satu wilayah yang cukup parah adalah Kabupaten Lombok Utara. Berjalannya waktu, masyarakat Kabupaten Lombok Utara dengan bantuan pemerintah pusat dan daerah terus berbenah membangun wilayahnya bersama TNI-Polri, Pemerintah daerah, dan instansi terkait lainnya,” ungkapnya.

Hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019 yang serentak dilaksanakan di seluruh Rumah Sakit Bhayangkara se-Indonesia. Polda NTB bersama jajaran TNI dan Pemda melakukan bhakti kesehatan di daerah NTB berupa operasi bibir sumbing dan operasi celah langit-langit yang bertempat di RS Bhayangkara Mataram. Sedangkan di Mapolres Lombok Utara ini dilaksanakan pengobatan umum, gigi, khitanan masal, pelayanan KB, dan donor darah.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kesehatan masyarakat, khususnya korban gempa bumi di Kabupaten Lombok Utara. Bhakti kesehatan yang dikemas dalam bentuk kemanusiaan dan merupakan  kepedulian Polri terhadap kondisi sosial dan lingkungan sekitar,” ucap Kapolda.

Selain itu, kegiatan-kegiatan dalam menyambut Hari Bhayangkara ke 73 di tempat lain dilaksanakan juga oleh jajaran Polda NTB seperti kegiatan bhakti religi, bersih-bersih tempat ibadah, kunjungan kepada anggota Polri dan masyarakat yang jadi korban terorisme, serta kunjungan kepada Purnawirawan Polri, maupun lomba-lomba menyambut Hari Bhayangkara ke 73 ini. (red)