DPD RI Kunjungi UIN Mataram, Bahas Regulasi Pendidikan Islam

KoranNTB.com – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Prof Dr Mutawali menerima kunjungan kerja rombongan DPD RI sebanyak 12  anggota yang dirangkaikan dengan agenda FGD inventarisasi materi usul DPD RI untuk Prolegnas tahun 2020-2024, Sabtu, 6 Juli 2019.

“Kami berharap agar DPD RI dapat menyuarakan dunia pendidikan Islam agar lebih diprioritaskan baik dari segi kebijakan dan anggarannya,” ujarnya.

Dikatannya, sebagai sebuah konsekuensi logis dari perubahan status IAIN menjadi universitas tentu banyak dimensi yang harus diatur dan dikembangkan sehingga perlu diperkuat dengan regulasi secara nasional.

“Pendidikan Islam, khususnya UIN Mataram seharusnya diperkuat dengan regulasi di tingkat nasional,” imbuh Prof Mutawali.

Sebelumnya, Ketua Panitia FGD sekaligus Wakil Rektor I UIN Mataram, Prof Dr Masnun mengatakan, kegiatan FGD menghadirkan narasumber dari akademisi yaitu rektor dan dari kalangan pemerintah provinsi, LSM, dosen dan juga mahasiswa program doktor pascasarjana

“Output FGD ini diharapkan akan memperkuat kebutuhan legislasi nasional yang sesuai dengan kebutuhan dan pelaksanaan pembangunan di daerah,” katanya

Selain itu juga, terakomodirnya aspirasi masyarakat dan daerah dalam penyusunan program legislasi.

“Melalui FGD ini juga akan menjawab kebutuhan legislasi dalam bidang hukum, bidang ekonomi, pengelolaan sumber daya alam, bidang sosial pembangunan daerah, dan bidang kesejahteraan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, anggota DPD RI Baiq Diah Ratu Ganefi memastikan bahwa aspirasi yang diserap dari UIN Mataram akan ditindaklanjuti.

“Perkembangan UIN Mataram semakin pesat saat ini. Aspirasi UIN Mataram akan diperjuangkan di tingkat nasional,” tandasnya (red)