236 Atlet Wakili Unram dalam POMDA NTB 2019

KoranNTB.com – Pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) Nusa Tenggara Barat digelar di Universitas Mataram (Unram), Selasa 23 Juli 2019.

Kegiatan POMDA NTB tahun 2019 merupakan kerja sama Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Pengurus Provinsi NTB dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga  NTB.

Cabang olahraga yang dipertandingkan pada POMDA tahun 2019 ini antara lain Cabor tenis, panjat tebing, atletik, petanque, kempo, basket, catur, pencak silat, bola voli pasir, spak takraw, futsal, bola voli, bulutangkis, tarung derajat, renang dan karate.

Kegiatan POMDA NTB 2019 diikuti 645 peserta dari berbagai universitas di NTB, seperti Unram yang mengutus 236 atlet, STIH Muhammadiyah Bima empat atlet, STKIP Yapis Dompu dua atlet, Universitas Teknologi Sumbawa tujuh atlet, Universitas Samawa sembilan atlet, Universitas Hamzanwadi 11 atlet, Universitas Islam Negeri Mataram 18 atlet, Universitas Muhammadiyah Mataram 41 atlet, Universitas Bumigora Mataram 48 atlet, Universitas Nahdatul Ulama NTB lima atlet, Universitas Mahasaraswati 18 atlet, IKIP Mataram 125 atlet, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram 30 atlet, STAHN Gde Pudja Mataram 19 atlet, STMIK Mataram satu atlet, Poltekes Mataram 48 atlet, dan Politeknik Medica Farma Husada 23 orang atlet.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Muhammad Natsir, selaku ketua panitia mengatakan tujuan diselenggarakannya POMDA NTB  2019 ini untuk menjaring atlet NTB menuju ke POMNAS ke XVI di DKI Jakarta.

Selain itu, kegiatan POMDA ini dapat dijadikan ajang memberikan pembinaan dan pembimbingan terhadap mahasiswa yang berprestasi dalam bidang olahraga.

“Kegiatan POMDA ini juga bertujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga para atlet yang berprestasi ditingkat daerah, dan sebagai ajang silaturrahmi bagi mahasiswa NTB dan nasional melalui berbagai cabang olahraga,” tuturnya.

Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni,  memberikan motivasi kepada para mahasiswa yang akan bertanding untuk selalu menjunjung sportivitas dan terus berprestasi.

“Saya ucapkan selamat bertanding kepada seluruh mahasiswa, jaga sportifitas dan teruslah berprestasi,”pungkasnya.

Acara pembukaan POMDA NTB  2019 turut dihadiri Wakil Gubernur NTB, Siti Rohmi Djalilah. Rohmi mengatakan semangat yang dimiliki mahasiswa melalui olahraga dapat menjadi modal untuk membangun dan mempersatukan bangsa.

“Yang namanya olahraga, merupakan perekat persatuan yang luar biasa. Olahraga juga memacu semangat kebangsaan yang luar biasa. Dengan olahraga bisa membuka sekat-sekat, membuat kita sebagai warga Negara Republik Indonesia ini, bersatu saling menyayangi, saling menguatkan dalam bingkai NKRI,” katanya sesaat sebelum membuka acara POMDA NTB.

Lebih lanjut Ia mengatakan olahraga merupakan kunci dalam membangun dan mempersatukan bangsa. Ia juga berharap universitas yang ada di NTB bersemangat untuk ikut berkompetisi sehingga bisa menghasilkan juara-juara yang nantinya bisa membawa nama NTB ke tingkat yang lebih tinggi. (red)