KORANNTB.com – Polda NTB menggelar syukuran hari jadi Polisi Wanita atau Polwan ke 71 tahun 2019, Selasa, 3 September 2019.

Acara yang digelar di sebuah hotel di Mataram dihadiri Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana dan petinggi Polda NTB.

Kapolda NTB mengatakan jika Polwan NTB atau seluruh Polwan di Indonesia unggul maka Indonesia akan maju. Itu karena keberadaan Polwan merupakan kebutuhan masyarakat untuk menjamin hak asasi manusia.

“Suatu penghormatan Polri terhadap Polwan dengan nilai-nilai kemanusiannya dapat memberikan kesempatan untuk mengembangkan tugas-tugas operasional di lapangan maupun mengikuti pendidikan pengembangan,” kata Kapolda seperti disampaikan Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama.

Acara tersebut mengangkat tema “Dengan semangat promoter pengabdian Polwan untuk masyarakat, bangsa dan negara.” Hari jadi Polwan diharapkan membuat Polwan dapat melaksanakan tugas dengan profesional, modern dan terpercaya atau disebut promoter.

“Polwan saat ini dinilai sebagai salah satu elemen penting dalam mewujudkan institusi Polri yang promoter di mana sudah ada tiga orang yang berpangkat Brigjen, 65 Kombes, 644 AKBP, 459 Kompol, 5.672 Pama bahkan sudah empat orang yang menduduki jabatan Kapolres, 14 Wakapolres dan 32 Kapolsek,” kata Kabid.

Dia menjelaskan, di dunia internasional 22 Polwan ikut dalam misi perdamaian PBB di tujuh negara, bahkan nanti tanggal 4 hingga 10 September 2020 di Yogyakarta menjadi tuan rumah konferensi tahunan ke 58 Asosiasi Polwan Internasional.

“Polwan sebagai anggota Polri dalam kehidupan kedinasan, istri dan ibu bagi anak dalam kehidupan keluarga serta warga masyarakat dalam kehidupan sosial, tidak menjadi hambatan dalam mengembangkan diri, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan,” ucapnya.

Dalam acara syukuran itu, juga dilakukan doa bersama kepada personel TNI-Polri yang saat ini sedang melaksanakan tugas memelihara keamanan di Papua dan Papua Barat. (red)