KORANNTB.com – Masyarakat sering mendengar operasi yang dilakukan Kepolisian baik dalam menegakkan keamanan dan ketertiban maupun kedisiplinan berkendara. Seringkali nama-nama operasi membuat masyarakat bingung terkait maksud nama tersebut.

Diketahui ada sembilan jenis operasi Kepolisian di NTB dengan nama-nama dan tujuan operasi yang berbeda. Berikut koranntb.com jelaskan jenis operasi Kepolisian tersebut.

1. Operasi Mantap Brata

Operasi Mantap Brata merupakan jenis operasi Kepolisian yang bertujuan untuk pengamanan pemilu baik Pilpres, Pileg dan Pilkada. Tujuannya untuk melaksanakan pemilu yang aman dan lancar.

Operasi ini biasanya dilakukan dengan cara persuasif dan humanis untuk meredam gejolak atau tensi politik di tengah masyarakat yang tengah memanas. Himbauan-himbauan dilakukan dalam operasi tersebut.

2. Operasi Jaran Gatarin

Operasi ini merupakan operasi penindakan terhadap kasus 3C yaitu pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian dengan pemberatan (Curat) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Dalam operasi ini polisi akan menangkap target atau pelaku 3C baik yang telah masuk DPO maupun pelaku lainnya.

Aksi penangkapan tidak jarang membuat para pelaku melawan balik, sehingga polisi juga melakukan tindakan tegas terukur dengan tembakan melumpuhkan pelaku.

3. Operasi Keselamatan Gatarin

Operasi ini bertujuan menekan angka kecelakaan lalulintas, serta meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas. Operasi ini biasanya dilakukan pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli lalu lintas.

4. Operasi Pekat Gatarin

Pada Operasi Pekat, sasarannya adalah judi, miras dan prostitusi. Polisi akan melakukan tindakan hukum menangkap pelaku judi, menyita atau mengamankan miras dan melakukan razia terhadap praktik prostitusi.

Pada operasi ini, pasangan di luar nikah yang berduaan di kamar penginapan akan dirazia dan diamankan. Mereka nantinya akan diberikan bimbingan agar tidak mengulangi perbuatannya.

5. Operasi Patuh Gatarin

Bagi Anda yang tidak memiliki kelengkapan berkendara, tentu operasi ini paling ditakuti. Ya, karena memang ini adalah razia pelanggaran lalu lintas. Polisi akan melakukan tilang pada pengendara yang tidak membawa perlengkapan berkendara maupun alat keselamatan. Bahkan motor di luar standar layak jalan akan ditilang.

6. Operasi Ketupat Gatarin

Operasi ini dilakukan jelang lebaran. Polisi akan mengamankan pusat perbelanjaan yang ramai jelang lebaran, dan memberikan pengamanan di tempat beribadah atau melakukan patroli untuk memberikan rasa nyaman pada masyarakat.

7. Operasi Antik Gatarin

Antik merupakan singkatan dari Anti Narkotika, sehingga operasi ini untuk memburu pengedar narkoba, mengamankan pengguna narkoba  dan memutuskan mata rantai peredaran atau distribusi narkoba.

8. Operasi Zebra Gatarin

Sama seperti poin 3 dan 5, operasi ini juga soal lalu lintas. Polisi akan menindak setiap pelanggaran lalu lintas baik dengan tilang maupun teguran.

9. Operasi Lilin Gatarin

Operasi akhir tahun ini sasarannya adalah mengamankan perayaan natal dan tahun baru.

Polisi akan memberikan pengamanan di gereja saat atau sebelum pelaksanaan natal. Kemudian polisi juga akan memberikan keamanan tahun baru seperti dengan menjaga di pusat keramaian akhir tahun seperti pusat perbelanjaan maupun destinasi wisata. (red)