Salut… Babinsa Koramil Taliwang Bantu Petani Menanam Padi

KORANNTB.com – Babinsa 1628-01/Taliwang, Sertu Zulkifli membantu petani menanam padi di Kelurahan Menala, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Senin, 20 Januari 2020.

Aksi tanam padi oleh Babinsa  merupakan salah satu bentuk  keseriusan TNI dalam mendukung program pemerintah daerah, mendorong  petani yang terus berinovatif serta memotivasi warga masyarakat serta menarik minat generasi muda untuk melihat peluang yang cukup menjanjikan di sektor pertanian, manakala di kelolah dengan baik.

“Hal itu menjadi alasan TNI untuk selalu hadir dalam mendukung program pertanian, selain tujuan utama dalam rangka meningkatkan hasil pertanian, guna membantu mewujudkan program Pemerintah dalam ketahanan pangan serta swasembada pangan,” kata Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol CZI Eddy Oswaronto, di Taliwang.

Link Banner

Meskipun aksi tanam padi Babinsa dan para petani itu masih menggunakan peralatan tradisional, dan seadanya, namun mereka tetap semangat dalam kekompakan.

Selain itu lanjut  Dandim, aksi tanam padi oleh TNI juga sebagai sarana sosialisasi serta musyawarah antara sesama petani serta kelompok tani guna bersama sama mencari solusi dalam meningkatkan hasil panen.

“Harapan kita bersama kegiatan seperti ini semoga tetap harus dapat kita pertahankan, dalam  bidang apa saja agar hubungan emosional baik antara  sesama warga masyarakat, maupun masyarakat dengan prajurit dapat terus terjalin bahkan lebih ditingkatkan, hal ini bentuk implementasi kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ujarnya.

Salah seorang penyuluh pertanian Dinas Pertanian dan Peternakan Sumbawa Barat, Budillah, menilai kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa membantu petani menanam padi, adalah hal unik dan jarang dilakukan. Babinsa terjun langsung berbaur dengan para petani dapat memberikan motivasi tersendiri serta rasa aman dan nyaman.

“Pastinya kami merasa bangga dengan anggota TNI dalam hal ini Babinsa, karena selalu hadir mengawal dan mendampingi para petani apalagi saat ini ada masalah kekurangan pupuk, kekurangan air dan masalah lainnya. Jika Prajurit TNI turun maka petani yakin akan dapat memberi jalan keluar dari permasalahan mereka,” katanya.

Budillah juga berharap agar para petani dapat mengambil pelajaran dari apa yang dilakukan oleh Babinsa, dan lebih bersemangat serta berinovasi sehingga hasil panen lebih meningkat dari tahun ke tahun. (red)

Link Banner
Link Banner