KORANNTB.com –  Untuk mengupayakan pengembangan potensi destinasi wisata desa berbasis alam sekaligus menumbuhkan cinta lingkungan bagi warga setempat, kelompok pemuda asal Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, menggagas Festival Pesona Wisata Gunungsari.

Salah satu inisiator Festival Pesona Wisata Gunungsari, Sopian, mengatakan kegiatan yang direncanakan pada akhir Pebruari atau Maret itu, tidak lain dilakukan untuk mendongkrak kebangkitan pariwisata di Kabupaten Lombok Barat, khususnya di Kecamatan Gunungsari.

Ia menjelaskan, Festival Pesona Wisata Gunungsari sendiri digagas oleh sejumlah pemuda yang ada di Kecamatan Gunungsari, di antaranya Komunitas Kengawasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), pemuda cinta wisata dan kelompok – kelompok karang taruna.

“Ide ini tercetus melihat semua desa di Gunungsari memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik dari daerah lain dan  memiliki nilai jual serta sebagai ajang sosialisasi dan rasa keprihatinan terhadap kasus – kasus tindak perdagangan orang yang terus meningkat,” jelas Sopian yang juga menjadi Ketua CW TPPO tersebut.

Sopian menyebutkan, nantinya Festival Pesona Wisata Gunungsari akan diramaikan dengan sejumlah kegiatan, antara lain sepeda wisata tiga bukit, atraksi perisaian, traking alam dan trail tiga bukit.

“Nanti para peserta kita akan ajak berkeliling menikmati beberapa destinasi wisata yang ada di Kecamatan Gunungsari, seperti bukit tiga rasa, suasana air terjun Gripak, bukit Korea, dan beberapa objek wisata lain,” ujarnya.

Menurut Sopian, untuk pendanaan Festival Pesona Wisata Gunungsari, dikumpulkan secara swadaya oleh pemuda setempat dan sumbangan para donatur lainnya. Termasuk, pihaknya juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.

“Jadi ini murni dari inisiatif para pemuda yang dilakukan secara sukarela dengan harapan dari festival ini wisata di Kabupaten Lombok Barat dapat maju dan melalui wisata mendongkrak perekonomian masarakat sekitar,” katanya. (red)