Banjir, Longsor Hingga Kebakaran Terjadi di Lombok Timur

KORANNTB.com – Cuaca ekstrem melanda sejumlah wilayah di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis, 30 Januari 2020.

Bencana banjir, longsor, angin kencang dan kebakaran terjadi di beberapa wilayah di sana.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Ibrahim Kurniawan, mengatakan penyebab bencana tersebut akibat cuaca ekstrem disertai hujan dan angin dengan intensitas tinggi.

Link Banner

Tanah longsor terjadi di Puskesmas Selong pukul 12.30 Wita, kemudian luapan banjir terjadi di sejumlah wilayah di Kecamatan Selong dan Kecamatan Masbagik.

“Luapan banjir terjadi di Kecamatan Selong meliputi Kelurahan Selong, Pancor, Sekarteja, Kembang Sari, Denggen. Kemudian Kecamatan Masbagik di Desa Paok Motong sejak pukul 12.30 sampai 15.00 Wita,” katanya.

Kemudian kejadian pohon tumbang terjadi di Kecamatan Selong meliputi Kelurahan Sekarteja, Selong, Sandubaya dan Kelayu Utara. Kecamatan Masbagik terjadi di Desa Masbagik Selatan. Kemudian Kecamatan Labuhan Haji pohon tumbang terjadi di Tanjung.

Tidak hanya itu, kandang ternak unggas di Desa Padamara dilalap api pukul 15.30 Wita.

Akibat bencana tersebut tidak ada korban jiwa, namun banyak kendaraan dan barang milik warga rusak.

Delapan unit kendaraan roda dua rusak berat, satu pabrik tahu rusak berat, tanggul penahan longsor pada Puskesmas Selong rusak berat.

Kemudian, rumah warga terendam banjir dan hingga kini masih dilakukan pendataan. Selain itu jaringan listrik dan jalan terganggu.

Di lokasi kebakaran, sekitar 5.000 ternak ayam mati dan kandang rusak akibat dilalap si jago merah. (red)

Link Banner
Link Banner