Milenial Diajak Promosikan Wisata NTB

KORANNTB.com – NTB salah satu surga wisata alam di Indonesia. Selain dengan keindahan alamnya, NTB juga memiliki kawasan Mandalika yang menyimpan sejuta pesona wisata. Dengan luas mencapai 1,035 hektar, Presiden Joko Widodo telah menetapkan Mandalika sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional yang diistilahkan dengan 10 Bali Baru.

Dari 10 destinasi prioritas nasional ini, diturunkan kembali menjadi 5 destinasi yang disebut sebagai destinasi super prioritas. Termasuk KEK Mandalika, Kuta, Lombok Tengah, yang nantinya akan digunakan sebagai lokasi perhelatan balap motor paling bergengsi di dunia, yakni event MotoGP 2021.

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB, Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah saat menjadi narasumber pada Workshop Gen Posting (Generasi Positif Thinking) dengan tema “Konten Kreatif Promosi Pariwisata Destinasi Super Prioritas” pada Kamis, 12 Maret 2020 di Cafe Soetjipto 1.0, Mataram.

Link Banner

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI ini dihadiri oleh para milenial, blogger, dan warga NTB.

Istri Gubernur NTB ini mengajak para milenial untuk berpartisipasi dengan aktif memposting berbagai hal positif, khususnya program-program  Pemerintah untuk mempromosikan Mandalika agar mendunia.

“Alhamdulillah, NTB mendapatkan kepercayaan menjadi salah satu 5 destinasi super prioritas di Indonesia. Masih banyak lagi yang harus kita lakukan untuk menggaungkan nama mandalika. Mari kita semua mempromosikan kepada dunia tentang Mandalika,” katanya.

Niken juga memaparkan peran Dekranasda Provinsi NTB dalam mendukung destinasi super prioritas Mandalika.

“Dekranasda Provinsi NTB adalah organisasi wadah para pengrajin yang berdomisili di NTB. Dalam mendukung Mandalika, Dekranasda melakukan banyak hal. Mulai dari membiasakan nama Mandalika dalam event-event besar nasional, seperti Moslem Fashion Festival (MUFFEST 2020) beberapa pekan lalu, kami juga memberi akses permodalan dan  membina UMKM, serta mempromosikan produk tenun NTB dengan menggunakannya dalam berbagai kesempatan,” ujarnya.

“Kami Dekranasda mengangkat tenun sukarara, dan membuat fashion show di Jakarta dengan tema mandalika. Ini adalah bagian dari kita mengakrabkan nama Mandalika di nasional. Kami juga terus menggali potensi daerah, melakukan expo dan pameran nasional dan internasional,” katanya.

Ia juga menyampaikan harapannya kepada para milenial agar bersama-sama mendukung dan berkontribusi dalam memajukan pariwisata di NTB.

“Kita punya alam yang luar biasa, makanan yang enak-enak. Dekranasda tidak bisa sendirian, pemerintah tidak bisa sendirian, kita semua punya peran dan kontribusi masing-masing. Mari kita semua memposting yang baik-baik tentang NTB agar wisatawan mau datang berulang ke NTB, bukan sekali datang lalu tidak kembali,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo RI, Septriana Tangkary yang hadir mewakili Menkominfo menyampaikan rasa bangganya bahwa NTB sudah mendunia.

“Kami bangga bisa hadir disini karena NTB adalah destinasi prioritas pemerintah. Bangsa kita banyak sekali destinasi setelah Bali. NTB bukan saja untuk  Indonesia, namun NTB juga adalah untuk dunia,” ujarnya.

Septriana Tangkary mengatakan, sebagai negara yang memiliki potensi wisata yang besar, Indonesia berpeluang untuk memaksimalkan peluang sektor pariwisata. Di mana saat ini, pemerintah tengah membangun lima destinasi pariwisata super prioritas, salah satunya ialah Mandalika yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi KEK Pariwisata.

Lebih lanjut, Septriana Tangkary mengimbau, generasi muda yang memiliki berbagai skill dan kemampuan di berbagai bidang, untuk lebih gencar untuk menulis berbagai konten baik untuk mengajak orang berwisata ke NTB. (red)

Link Banner
Link Banner