Kenali Istilah-istilah Berhubungan dengan Corona

KORANNTB.com – Virus Corona COVID-19 yang telah masuk ke Indonesia membuat banyak istilah medis yang dikeluarkan untuk mengidentifikasi pasien.

Berikut adalah istilah-istilah yang berkaitan dengan Corona dan penanganan virus Corona yang dirangkum KORANNTB.com:

Orang Dalam Pemantauan (ODP)

Link Banner

1. Orang yang mengalami demam (≥380C) atau riwayat demam; atau gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di
negara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal;

2. Orang yang mengalami gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi atau probabel COVID-19.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP)

1. Orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yaitu demam (≥38oC) atau riwayat demam; disertai salah satu gejala/tanda penyakit pernapasan
seperti: batuk/sesak nafas/sakit tenggorokan/pilek/pneumonia ringan hingga berat dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal;

2. Orang dengan demam (≥38oC) atau riwayat demam atau ISPA DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi atau probabel COVID-19;

3. Orang dengan ISPA berat/pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

Orang Tanpa Gejala (OTG)

1. Orang yang tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang positif COVID-19

2. Orang tanpa gejala merupakan kontak erat dengan kasus positif COVID-19

Konfirmasi (Positif)

Pasien yang terinfeksi COVID-19 dengan hasil pemeriksaan tes positif melalui pemeriksaan PCR.

Komorbiditas

Penyakit penyerta (komorbid) yang menggambarkan kondisi bahwa ada penyakit lain yang dialami selain dari penyakit utamanya (misal, penyakit diabetes, hipertensi,
kanker).

Suspect

Orang yang diduga kuat terjangkit virus Corona dengan menunjukkan gelaja virus Corona dan pernah berinteraksi dengan orang positif Corona maupun dari negara terpapar Corona.

Orang Dengan Risiko (ODR)

ODR adalah orang yang pernah berinteraksi dengan orang positif Coronavirus atau pernah ke wilayah terpapar dalam waktu dekat. ODR belum menunjukkan gangguan fisik. ODR sama dengan OTG.

Social Distancing

Menjaga jarak dengan orang lain minimal dua meter untuk mencegah tertularnya virus Corona dan berdiam diri di rumah juga menghindari kerumunan untuk memutus mata rantai Corona.

Physical Distancing

Istilah yang menggantikan Social Distancing. Pada intinya, masyarakat diminta tidak menjaga jarak sosial, melainkan hanya menjaga jarak fisik dan tetap melakukan hubungan sosial melalui teknologi tanpa berinteraksi secara fisik.

Isolasi

Proses pengobatan secara terpisah dan tidak langsung berinteraksi dengan orang. Isolasi biasanya dilakukan di rumah sakit bagi yang PDP dan dilakukan di rumah bagi yang ODP.

Jika isolasi diri di rumah, pastikan menggunakan kamar terpisah, menjaga jarak minimal dua meter dan tidak menggunakan peralatan yang sama seperti sabun, handuk, baju, sendok, dll.

Karantina Wilayah

Pembatasan penduduk dalam suatu wilayah termasuk wilayah pintu masuk beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi. Dengan kata lain menutup atau memperketat keluar masuk dari wilayah tersebut.

Biasanya yang diizinkan dibuka hanya apotek dan toko sembako.

Lockdown

Penutupan semua aktivitas di seluruh wilayah. Mulai dari pelabuhan, dermaga hingga terminal.

Masyarakat tidak diizinkan keluar rumah kecuali untuk keperluan yang dibenarkan dalam UU. Seperti keperluan berobat, atau petugas yang pergi ke rumah sakit maupun karyawan toko yang diizinkan tetap buka.

Fasilitas publik seperti sekolah, transportasi umum, pabrik hingga perkantoran ditutup.

Lockdown akan menjadi masalah besar ketika masyarakat kelas bawah tidak dapat bekerja dan berpotensi menimbulkan kelaparan dan meningkatkan kerusuhan. Sehingga, opsi lockdown ditolak pemerintah.

Alat Pelindung Diri (APD)

Alat yang dibutuhkan tenaga medis berupa pakaian yang dilengkapi penutup kepala, kacamata atau helm dan masker.

Rapid Test

Tes Corona secara cepat dengan mengambil sampel darah. Namun metode ini memiliki kelemahan karena bukan mendeteksi virus tapi mendeteksi antibodi yang dimiliki tubuh untuk melawan virus.

PCR

Metode rapid test dengan PCR (Polymerase Chain Reaction) adalah cara yang dilakukan untuk mendeteksi virus dengan swab test atau mengambil sampel lendir melalui hidung dan diteliti di laboratorium khusus yang meneliti COVID-19.

Teknik ini membutuhkan waktu yang lama dari persiapan hingga analis hasil. Namun, metode ini diyakini lebih akurat dari rapid test melalui tes darah.

Pandemi, Epidemi, Endemi

Penyebaran penyakit yang meluas di hampir seluruh dunia. Urutannya lebih tinggi dari epidemi. Karena epidemi adalah penyeberan penyakit dengan skala yang lebih kecil.

Endemi adalah penyakit yang keberadaannya permanen di sebuah wilayah atau populasi. Contohnya penyakit Malaria di sebagian wilayah Afrika seperti Liberia.

Local Transmission

Saat di mana kasus penyebaran virus Corona terjadi di lokasi tempat pasien tinggal atau berada saat ini.

Imported Case

Seseorang yang tertular Coronavirus COVID-19 dari luar negeri dan kembali ke negara yang berpotensi menularkan ke orang lain di negaranya.

Swab

mengambil sampel lendir melalui hidung dan diteliti di laboratorium khusus yang meneliti COVID-19, untuk kemudian dapat ditentukan hasilnya apakah positif atau negatif COVID-19.

COVID-19

Nama teknis yang diberikan WHO untuk virus Corona jenis baru. Nama penyakit tersebut disebut Novel (jenis baru) Coronavirus COVID-19.

Inkubasi

Selang waktu yang berlangsung sebelum gejala tersebut muncul. Gejala Corona bisa berselang 14 hari, sehingga ODP diwajibkan karantina atau isolasi diri selama 14 hari.

Thermo Scanner

Pemeriksaan suhu tubuh menggunakan sebuah alat yang dapat memantau kondisi suhu tubuh orang, dengan dihubungkan dalam sabuah monitor.

Alat ini biasa dipasang di bandara. Jika suhu tubuh tinggi maka monitor akan melihat tubuh orang berwana merah dan berbunyi.

Thermo Gun

Pemeriksaan suhu tubuh manual dengan cara menyorot laser di kening seseorang.

Droplet

Tetesan atau cipratan air dari bersin atau batuk seseorang. Virus Corona dapat bersarang di droplet.

Hand Sanitizer

Cairan pembersih tangan dari bakteri atau virus

Work From Home

Kerja di rumah untuk menghindari penularan virus Corona.

Ventilator

Alat membantu pernapasan pasien dalam bentuk tabung yang memompa oksigen ke paru-paru dan menghilangkan karbondioksida.

Disinfektan

Sebuah cairan zat kimia yang disemprot untuk membunuh virus dan bakteri.

Bilik Sterilisasi

Sebuah bilik tempat menyemprotkan cairan disinfektan. Namun belakangan WHO memperingati cairan disinfektan bahaya bagi tubuh manusia.

Influencer

Buzer bayaran pemerintah di media sosial untuk menginformasikan yang baik-baik, khususnya tentang virus Corona dan kinerja baik pemerintah dalam menangani wabah Corona. (red)

Sumber: KORANNTB.com

Link Banner