KORANNTB.com – Kesimpangsiuran jumlah pasien positif Corona di NTB, akhirnya menemui titik terang. Data terbaru Coronavirus COVID-19 di NTB terkonfirmasi menjadi dua orang per hari Jumat, 3 April 2020.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kadiskominfotik) NTB, I Gede Putu Aryadi mengatakan berdasarkan hasil laboratorium kesehatan, dua pasien positif Corona berasal dari Mataram dan Lombok Tengah.

“Sudah masuk notice dari Laboratorium Kesehatan. Hasilnya dua terkonfirmasi positif,” katanya.

Pasien positif Corona terbaru berasal dari Pengempel Indah Bertais, RT 03, Kota Mataram. Pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 59 tahun.

“Pasien dirawat di ruang isolasi RSUD Kota Mataram sejak 29 Maret 2020 karena keluhan batuk dan sesak,” katanya.

Pasien memiliki riwayat ke Makassar pada tanggal 21-24 Maret 2020, mengikuti kegiatan tabligh akbar.

“Tanggal 29 Maret 2020 pasien dirujuk di Puskesmas Cakranegara dijemput PSC 199,” ujarnya.

Pasien kemudian dilakukan SWAB oleh RSUD NTB pada 30 Maret 2020, dan hari ini dikonfirmasi positif Corona.

Tim medis hingga kini masih melakukan tracking terhadap orang-orang yang telah berinteraksi dengan dua pasien positif ini untuk memutuskan mata rantai penyebaran Coronavirus COVID-19.

Sementara, pasien lainnya berinisial H (33) berasal dari Bagu, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah.

“Pasien dirawat di RSUD NTB sejak 28 Maret 2020,” ujarnya.

Pasien tersebut bekerja di kapal pesiar sejak tiga tahun dan pulang dari Amerika ke Lombok pada 16 Maret 2020 dan langsung pulang ke rumah.

“Pada 17 Maret pasien mengeluhkan demam sehabis kena hujan. Pasien langsung berobat ke salah satu klinik swasta di Lingsar selama tiga hari, tetapi tidak ada perubahan. Kemudian pasien berobat ke RSAM,” ujarnya.

Tanggal 20 Maret pasien rawat jalan selama tiga hari, tetapi keluhan semakin berat. Dia kemudian kembali berobat dan dirujuk ke RSUD NTB. Hasil SWAB di Litbangkes Jakarta, pasien positif Corona. (red)