KORANNTB.com – Dinas Pariwisata NTB menggelar sosialisasi Integrated Tourism Management Plan (ITMP) dalam rangka Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Destinasi Super Prioritas (DSP) Mandalika.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, H Lalu Moh Faozal mengatakan, pembangunan kepariwisataan di Nusa Tenggara Barat membutuhkan sistem perencanaan terpadu dan berkelanjutan.

“Kualitas perencanaan dalam rangka  pembangunan kepariwisataan dalam jangka panjang akan memberikan warna dan  hasil yang bagus atau sebaliknya,” ujar Faozal.

Menurutnya, tingkat keberhasilan sebuah pembangunan kepariwisataan di sebuah destinasi pariwisata nasional seperti Nusa Tenggara Barat sangat ditentukan oleh  kualitas perencanaannya.

Terkait dengan permasalahan tersebut di atas, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat akan membuat sebuah system perencanaan terpadu yang tertuang dalam  Integrated Tourism Master Plan (ITMP).

“Di dalam ITMP memuat keseluruhan rangkaian dan system yang akan diterapkan dalam sebuah dokumen perencanaan  pembangunan kepariwistaan secara terpadu,” jelasnya.

Dalam proses penyusunannya perlu melibatkan berbagai pemangku kepentingan baik  Pemerintah, Akademisi, industri  wisata dan masyarakat yang terlibat secara langsung dengan pengembangan kepariwisataan. (red)