100 Persen Lansia Enam Kabupaten di NTB Berhasil Divaksin

KORANNTB.com – Vaksinasi bagi lanjut usia (lansia) telah 100 persen berhasil dilakukan di enam kabupaten di Nusa Tenggara Barat.

Kabupaten tersebut masing-masing adalah Kabupaten Lombok Barat,  Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, dan Dompu. Sementara empat kabupaten lainnya, yaitu Mataram, Sumbawa, Bima dan Kota Bima masih berjalan.

Percepatan vaksin tersebut adalah upaya Pemda setempat dibantu TNI-Polri.

Kapolda NTB, Irjen Pol Moh. Iqbal, mengatakan percepatan vaksinasi terhadap lansia merupakan sinergi bersama pihak terkait dalam bentuk jemput bola, dengan mendatangi para lansia.

“Dengan upaya inovasi yang proaktif jemput bola terhadap lansia yang ada, kami di Provinsi NTB dapat meningkatkan laju vaksinasi terhadap lansia,” katanya, Rabu, 5 Mei 2021.

Vaksinasi lansia tidak semudah bernapas. Banyak hambatan yang dilakukan, terutama terhadap lansia yang takut divaksin akibat maraknya hoax tentang vaksin.

Namun, Iqbal menjelaskan berkat sinergi bersama kini progres vaksinasi lansia meningkat 71 persen.

Diharapkan sebelum Idul Fitri, progres vaksinasi lansia di seluruh NTB mencapai 100 persen. Aparat dan pemerintah terus melakukan vaksinasi dengan cara jemput bola.

Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalillah, berkomitmen untuk terus melakukan vaksinasi lansia untuk menekan angka COVID-19 di NTB. Pemprov juga telah melarang mudik antar daerah dan kabupaten guna menghindari menyebarnya pandemi.

“Kami akan dorong kembali dengan upaya maksimal beberapa kabupaten yang belum maksimal dalam mencapai target vaksinasi terhadap lansia di Provinsi NTB, agar sebelum Idul Fitri dapat mencapai target 100%,” ujarnya. (red)

BACA:  Lomba Kampung Sehat, Cara Putus Mata Rantai Covid-19 di NTB