KORANNTB.com – Bulan purnama stroberi atau dikenal dengan nama strawberry full moon akan dapat disaksikan malam ini, Kamis, 24 Juni 2021. Bahkan, purnama tersebut akan berpuncak pada Jumat malam.

Purnama stroberi ini merupakan fenomena bulan terakhir di tahun 2021. Akan muncul fenomena langit lainnya pada tahun mendatang.

Bulan purnama stroberi bukan berarti akan berwarna seperti stroberi, atau berwarna merah dan merah muda.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan fenomena bulan purnama stroberi tersebut karena posisi bulan membelakangi matahari dan segaris dengan bumi dan matahari.

“Mengingat orbit Bulan yang membentuk sudut 5,1 derajat terhadap ekliptika, Bulan tidak selalu memasuki bayangan Bumi ketika fase Bulan Purnama, sehingga setiap fase Bulan Purnama tidak selalu beriringan dengan Gerhana Bulan,” dikutip dari VIVA.

Lantas mengapa muncul nama stroberi? Karena bulan purnama Juni identik dengan kepercayaan suku-suku di Amerika yang mengatakan purnama di bulan Juni sebagai tanda stroberi telah matang. Sehingga dikenal dengan strawberry full moon.

Jadi purnama stroberi akan tetap berwarna seperti purnama pada umumnya, hanya saja lebih terang jika diamati tanpa terhalangi awan. (red)

Foto: Ilustrasi bulan/Pexels