Viral PMI Lombok Minta Pulang dari Arab, Ternyata Video Lama

KORANNTB.com – Sebuah video lama kembali heboh di Facebook. Video tersebut berisi seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal bersama temannya menangis minta pulang dari Timur Tengah.

Terdengar suara menggunakan bahasa Sasak di tengah video. Bahkan beberapa PMI di video, diidentifikasi netizen sebagai warga Lombok.

Para PMI tersebut curhat ke presiden perlakuan orang Arab yang begitu kejam terhadap mereka. Bahkan, mereka tidak diizinkan untuk pulang dan terus disuruh kerja.

Pak Jokowi, Bapak Presiden kita, tolong supaya kita semua di sini, di Timur Tengah, kita sebagai TKW ilegal… Kita dihukum mati-matian di sini. Kita tidak boleh pulang, tapi masih disuruh kerja. Kita sudah trauma kelakuan orang Arab ini terlalu kejam sama kita semua…,” kata seorang PMI di video.

Hasil penelusuran media ini melalui teknik penelusuran foto tangkapan layar, video tersebut mulai viral pada 2017 silam. Bahkan, video tersebut juga telah menjadi berita di tahun tersebut.

Media Tribunnews juga telah menulis berita tersebut pada 19 Januari 2017 dengan judul “Sambil Menangis, TKW Cantik Ini Mengaku Lapar dan Minta Presiden Jokowi Selamatkan Nyawanya.”

Beberapa artikel lainnya juga menuliskan video tersebut pada tahun 2017. Artinya, kejadian dalam video tersebut bukan terjadi baru-baru ini.

Kadisnakertrans NTB, Putu Aryadi, membenarkan video tersebut adalah video lama di saat awal penghentian sementara PRT ke Timur Tengah.

“Ya, benar. Saat awal-awal moratorium PRT ke Timur Tengah,” ujarnya.

Video tersebut kini masif tersebar di beberapa grup Facebook. Bahkan, banyak orang meyakini video tersebut terjadi baru-baru ini. (red)

BACA:  Cek Fakta: Bocah di Lombok Tengah Korban Penculikan, Ternyata...