KORANNTB.com – MotoGP dijadwalkan akan digelar di Sirkuit Mandalika tahun depan. Namun, segala persiapan telah dilakukan NTB selaku tuan rumah.

Pembalap Valentino Rossi angkat bicara terkait balapan di Sirkuit Mandalika. Dalam wawancara melalui channel YouTube Nurdien Korindo, Rossi mengungkapkan pengalaman balapan di Indonesia.

The Doctor menceritakan pengalaman balapan di Sirkuit Sentul pada 1996-1997 kala berada di nomor 125 cc. Dia berbicara tentang cuaca panas di Indonesia.

Bahkan, Rossi berkelakar jika udara terasa panas saat balapan di Mandalika, dia akan terjun ke laut, karena lokasi sirkuit di pinggir pantai.

“Saya turun balapan di Indonesia pada 1996 dan 199, saya ingat cuacanya lebih panas dari malaysia. Jadi ini akan sangat sulit, terlebih lagi trek akan sangat dekat dengan laut. Jika sangat terik, maka kita bisa langsung terjun ke laut,” kata pembalap kelahiran Italia ini.

Rossi juga mengaku telah mempelajari beberapa tikungan di Sirkuit Mandalika. Dia merasa senang ada tikungan untuk melaju cepat.

“Saya sudah melihat tata letaknya, dan video lintasannya. terlihat ada beberapa tikungan untuk melaju cepat, itu akan menyenangkan untuk balapan,” katanya.

“Tapi untuk memahami sirkuit secara keseluruhan, trek harus selesai lebih dulu. Dan saya turun langsung dengan motor untuk mencobanya,” ujarnya.

Meskipun MotoGP masih jauh, namun animo masyarakat menyambut MotoGP sangat tinggi. Hal yang sama dilakukan aparat dan pemerintah daerah, telah menggalakkan vaksinasi untuk masyarakat dalam menyambut MotoGP.

Sebelum MotoGP, pada November 2021 akan digelar Superbike.

Untuk diketahui, World Superbike Championship (WSBK) yang dijadwalkan digelar pada 12-14 November 2021, diundur pada tanggal 19-21 November 2021.

Pengunduran WSBK tidak membuat rugi NTB, karena Dorna Sports telah menyiapkan event IATC (Idemitsu Asia Talent Cup).

Event tersebut merupakan perlombaan kelas junior yang tidak kalah menarik.

“Hal ini karena adanya pertimbangan logistik dan juga pengiriman barang.  Juga yang tidak kalah serunya di tanggal 12- 14 November untuk pertama kalinya Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk event IATC (Idemitsu Asia Talent Cup) sebuah kompetisi yang dikelola oleh Dorna Group,” tulis Mandalika Grandprix Assotiation (MGPA) dalam siaran persnya. (red)

Foto: Valentino Rossi (Sepang Racing Team)