KORANNTB.com – Race terakhir WorldSBK di Sirkuit Mandalika, Minggu, 21 November 2021, memiliki kesan yang begitu sangat indah.

Kesan pertama, para penonton spontan berdiri saat mendengar lagu ‘Indonesia Raya’ diputar. Puluhan ribu penonton ikut menyanyi dengan penuh kerendahan hati.

Bahagia dan haru begitu terasa saat lagu Indonesia Raya berkumandang di Sirkuit Mandalika. Penonton begitu bangga bisa menyaksikan balapan dunia di “rumah” mereka sendiri, Indonesia.

Terlihat mata penonton berkaca, seperti menahan haru menyaksikan balapan dunia di Sirkuit Mandalika kebanggaan baru Indonesia.

Tidak sampai di situ, usai balapan digelar, dan penonton pulang dari Sirkuit Mandalika, beberapa panitia berkata; “Sampai jumpa lagi. Lombok kembali menanti anda.”

Ya, memang Sirkuit Mandalika belum sepenuhnya rampung. Saat hujan mengguyur, banyak genangan hingga lumpur di jalan menuju tribun penonton.

Tidak ingin kesan seperti itu, para petugas berkata, “Sirkuit Mandalika menanti anda kembali pada 2022, dengan kondisi yang lebih baik.”

WorldSBK Mandalika membawa nama Indonesia menjadi populer di mata dunia. Bahkan, Menko Luhut B. Panjaitan, mengatakan WSBK ditonton 1,6 miliar penduduk dunia. Jumlah yang begitu besar untuk mempromosikan nama Lombok di mata dunia. (red)

Foto: Rony Kadran