KORANNTB.com – Gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia mengunjungi ibukota negara Nusantara (IKN) di Sepaku, Penajam Paser Utara, Minggu, 13 Maret 2022.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah hadir dengan membawa air Narmada dari Lombok Barat dan tanah Tambora di Sumbawa. Tanah dan air tersebut diserahkan ke presiden sebagai simbol persatuan Indonesia dalam mendirikan ibukota baru.

“Kami membawa tanah dari Tambora yang punya sejarah besar, sedangkan air yang kami bawa dari Narmada akan membuat awet muda,” kata Zulkieflimansyah.

Gubernur NTB datang bersama sahabatnya Gubernur NTT, Victor Laiskodat. Tanah dan air yang dibawa para gubernur akan ditampung dalam sebuah kendi.

Tanah dan air tersebut akan dicampurkan sebagai simbol seluruh provinsi yang terdiri dari beragam suku, agama, budaya bersatu dalam sebuah ‘bingkai’ bernama Nusantara.

Air Narmada yang dibawa Gubernur NTB diyakini sebagai air awet muda yang memiliki beragam khasiat untuk tubuh. Sementara tanah Tambora juga bagian dari peristiwa sejarah letusan Gunung Tambora 1815 yang berdampak secara global. (red)