KORANNTB.com – Masjid Al Ittihadiyah Sepakat Desa Ganti Kecamatan Praya Timur menggelar peringatan Nuzulul Qur’an dirangkaikan dengan berbagi santunan untuk anak yatim, Jumat, 29 April 2022.

Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa penting bagi umat Islam yang diperingati setiap tahunnya pada 17 Ramadhan, di mana pada 17 Ramadhan 610 M Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama di Goa Hira.

Ta’mir masjid Al ittihadiyah Sepakat, Naimuddin mengatakan terselenggaranya kegiatan Nuzulul Qur’an ini tidak terlepas dari kerjasama kader-kader muda Dusun Sepakat.

Kegiatan Nuzulul Qur’an tersebut dihadiri kepala kantor wilayah Kemenag NTB, Dr. Zaidi Abdad, didampingi kepala seksi pondok pesantren Nasrullah dan Prof. Dr TGH Fahrurrazi Dahlan.

Zaidi Abdad mengatakan kehadirannya dalam kegiatan ini sebagai bagian dari program Safari Ramadhan Kantor wilayah Kemenag NTB yang telah dilaksanakan sejak awal ramdahan.

“Kanwil Kemenag NTB telah melaksanakan program safari ramadhan ini di seluruh kabupaten/kota se-NTB dari Sape Bima sana hingga kota Mataram,” ujarnya.

Dalam ceramahnya, Zaidi menerangkan pentingnya pengamalan dan penghayatan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Al Qur’an tidak cukup hanya dibaca saja, namun juga perlu dipahami sehingga ia akan menjadi penuntun jalan kebaikan untuk kehidupan,”terangnya.

Zaidi mengingatkan jamaah untuk tetap memupuk diri dengan selalu membaca dan mengajarkan serta mencintai Al Qur’an sesuai dengan tuntunan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an itu sendiri.

Ia juga menjelaskan Al Qur’an diturunkan untuk menuntun kesadaran umat manusia seperti kisahnya Sahabat Rasulullah SAW Khulafaurrasyidin Umar Bin Khattab di mana Umar dikenal sebagai sosok yang paling sering mengintimidasi para kaum Muslim di masa awal penyebaran Islam hingga sampai hendak berencana membunuh Nabi Muhammad SAW, namun ketika ia mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran yang dikumandangkan adiknya Fatimah seketika ia mendapatkan hidayah tentang kebenaran Islam.

Dalam kesempatan Nuzulul Qur’an ini hadir juga mengisi ceramah Sekjen PBNW Prof. Dr TGH Pahrurrazi Dahlan. Dalam ceramahnya ia menjelaskan bahwa Al Qur’an merupakan rahmat Allah SWT yang paling agung yang diturunkan kepada hamba-hambanya.

Sebagai bukti Al Qur’an menjadi rahmat yang paling agung adalah ketika Allah SWT menurunkan Wahyunya melalui perantara Malaikat Jibril di saat itu pula Allah SWT mengangkat derajat Jibril sebagai pemimpin para malaikat.

Ketika Nabi Muhammad Rasulullah SAW tempat diturunkannya Al Qur’an, Allah SWT memuliakannya menjadi pemimpin para nabi dan rasul.

Al Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan Allah SWT memuliakannya menjadi raja di antara bulan-bulan yang lainnya.

Begitu pula ketika Al Qur’an diturunkan untuk umat Islam dimuliakanlah umat Nabi Muhammad sebagai umat yang paling mulia di antara umatnya para nabi dan rasul lainnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, perangkat desa dan ratusan jamaah pengajian. (red)