KORANNTB.com – Memasuki musim kemarau, suhu dingin terjadi di Nusa Tenggara Barat. Bahkan, tenda pendaki di Sembalun Lombok Timur membeku akibat suhu yang dingin.

Pendaki yang berada di Sembalun harus membersihkan tenda mereka yang sudah membeku akibat cuaca yang sangat dingin.

Suhu di Sembalun Lawang pada pagi hari 9 derajat celcius. Kondisi dingin ekstrem tersebut hampir setiap hari terjadi dan mengindikasikan di waktu malam dingin di bawah 9 derajat celcius. Bahkan, di Tetebatu Lombok Timur suhu mencapai 6 derajat celcius.

Prakirawan BMKG Staklim Lombok Barat, Nindya Kirana, mengatakan suhu dingin disebabkan angin muson Australia yang membawa udara kering masuk ke Asia, khususnya NTB. Saat ini di Australia tengah musim salju, sehingga suhu yang dibawa menjadi dingin.

“Saat musim puncak kemarau di NTB sekitar Juni dan Agustus, sedang aktif monsoon Australia atau angin timuran. Karena tekanan udara di Australia lebih tinggi dari Asia, sehingga angin bertiup dari Australia ke Asia melewati Indonesia,” katanya, Senin, 25 Juli 2022.

Tutupan awan di musim kemarau sangat sedikit, sehingga pada siang hari suhu terasa panas karena matahari langsung menembus permukaan bumi. Tidak berbeda dengan malam hari, suhu udara tidak terhalangi awan, sehingga permukaan bumi akan dingin. (red)