2.052 Mahasiswa Baru Undikma Ikuti PKKMB 2022

KORANNTB.com – Animo masyarakat untuk melanjutkan studi di Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) setiap tahun terus meningkat. Di tahun 2021, mahasiswa baru Undikma berjumlah 1.480, dan di tahun 2022 ini, sampai batas akhir pendaftaran tanggal 13 September yang mendaftar ulang (resmi menjadi mahasiswa) sebanyak 2.052 orang tersebar pada 20 program studi yang tersedia.

Rektor Undikma Prof. Kusno, Ph.D mengaku bahwa capaian penerimaan mahasiswa baru di tahun 2022 ini telah melampaui jumlah tahun sebelumnya termasuk melampaui target yang ditetapkan. Menurutnya, ini wujud kepercayaan masyarakat terhadap Undikma sebagai kampus yang telah teruji secara kualitas.

Di Undikma setiap potensi prestasi diberikan ruang yang cukup bahkan disupport oleh lembaga, sehingga tidak heran, Undikma menjelma menjadi kampus swasta kaya prestasi baik secara akademik non akademik.

Dalam mengembangkan Undikma, pola kerja yang dilakukan berbasis sistem terutama dalam layanan, sehingga semua proses layanan menjadi mudah dan cepat.

Selanjutnya 2.052 mahasiswa wajib mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) pada tanggal 17-19 September 2022 secara langsung (off line) sesuai panduan umum PKKMB  dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek.

Dalam panduan tersebut, telah diatur tentang teknis pelaksanaan, materi yang harus disampaikan dan hal penting lainnya yang bermanfaat bagi mahasiswa baru. Untuk materi, ada materi umum seperti pemahaman tentang bela negara dan sistem pendidikan tinggi. Kemudian ada materi khusus atau materi internal tentang Undikma seperti kode etik, sistem layanan, proses akademik, dan kegiatan kemahasiswaan.

Adapun tujuan dilaksanakannya PKKMB adalah menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa baru dengan lingkungan kampus Undikma.

BACA:  Wisuda 369 Mahasiswa, Ini Pesan Rektor Undikma

Setelah mengikuti PKKMB, mahasiswa langsung mengikuti perkuliahan semester ganjil Tahun Akademik 2022/2023 sesuai kalender akademik Undikma.

Ada hal menarik di hari pertama PKKMB yaitu pemberian bonus  oleh Ketua Yayasan H. Lalu Rusmiady  kepada mahasiswa Undikma yang berprestasi di tahun 2022 yaitu Lalu M. Zohri (Sprinter dunia), Ahmad Zigi Zaresta Yuda (Medali Emas ASEAN University Games  2022, di Thailand) Aldias Aksa Ismaya (Juara 1 Indonesia Motorprix Championship)  dan Deri Agus Siswanto (Juara 1 Kejuaraan MMA tingkat nasional tahun 2022 di Jakarta).

Usai menyerahkan bonus, Ketua Yayasan Lalu Rusmiady langsung menyampaikan materi dengan judul Sejarah Universitas Pendidikan Mandalika.

Dalam paparannya, Mamiq Rusmiady menceritakan bagaimana perjuangan dalam membangun dan mengembangkan Undikma sehingga semua sivitas akademika khususunya  mahasiswa baru dapat memahami sejarah Undikma sampai dengan pada posisi saat ini.

Setelah itu, Mamiq Rusmiady juga menyampaikan program yang telah dan akan dilaksanakan dalam konteks pengembangan kelembagaan.

“Yayasan telah menyekolahkan banyak dosen untuk S2 dan saat S3 baik di dalam maupun luar negeri. Kita juga punya fasilitas olahraga berstandar nasional yang digunakan sebagai tempat untuk melahirkan atlet-atlet berkualitas,” ujarnya.

Humas Undikma, Ismail Marzuki pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pelaksanaan PKKMB mengedepankan prinsip humanisme, tidak boleh ada bullying, kekerasan, dan hal-hal lainnya yang dapat merugikan semua pihak. Dan Alhamdulillah dihari pertama berjalan dengan baik sesuai rencana dan semoga suasana ini tetap terjaga sampai hari terakhir (Senin, 19 September 2022).

Ismail menambahkan bahwa untuk pemberian bonus harusnya empat orang, tapi dua tidak bisa hadir yaitu Zohri dan Zigi karena sedang berada di luar daerah. (red)