KORANNTB.com – Sebuah akun TikTok dengan nama @quuenshaamellozanetta2 mengunggah sebuah video TikTok dengan narasi “Top 7 Kota Paling Berdosa di Indonesia.”

Pada keterangan video, pengunggah mengklaim data tersebut menurut survei Google. “survei menurut google yh .. smoga msuk fyp,” tulisnya.

Video tersebut menempatkan Lombok sebagai nomor dua kota di Indonesia sebagai wilayah dengan seks bebas tertinggi.

Video tersebut telah ditonton 1,3 juta kali dengan ratusan komentar di dalamnya.

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta KORANNTB.com, tidak ada data resmi yang menyebut Lombok sebagai kota atau pulau dengan seks bebas tertinggi di Indonesia atau masuk dalam daftar seks bebas tertinggi di Indonesia.

Baru-baru ini Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) merilis lima kota di Indonesia dengan angka seks bebas tertinggi. Itu berdasarkan banyaknya remaja yang sudah pernah berhubungan badan di kota tersebut.

Berdasarkan survei tahun 2007 yang dilakukan KPAI terungkap bahwa dari 4.500 remaja, 97 persen sudah pernah menonton film dewasa. Selain itu 62,7 persen anak SMP sudah melakukan hubungan seks bebas.

Lima kota tersebut adalah Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Malang dan Surabaya. Lombok tidak masuk dalam hasil survei tersebut.

Kesimpulan:

Konten tersebut merupakan disinformasi atau informasi yang salah dan sengaja disebarkan untuk mengelabui penerima informasi.

Konten tersebut merupakan hoax dengan jenis fabricated content atau konten palsu. Fakta dalam informasi tersebut tidak benar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. (red)