KORANNTB.com – Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Nusa Tenggara Barat menyatakan siap berada pada satu barisan bersama organisasi pers Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram, untuk membela kepentingan tiga wartawan yang mendapatkan tindakan intimidasi berupa pemanggilan secara paksa dari kepolisian.

Tak hanya pemanggilan permintaan untuk diintrogasi, tiga wartawan yang telah menulis berita dugaan pungutan liar (pungli) di lingkup Satuan Lalu Lintas Polresta Mataram itu juga diminta untuk menghapus berita yang telah termuat di medianya masing-masing.

Sebagaimana informasi yang beredar, tiga wartawan media cetak dan online di Mataram telah menerbitkan berita dugaan pungli oleh oknum anggota dari Unit Laka pada Satlantas Polresta Mataram. Sebagaimana sumber informasi dari korban dan bahkan telah terkonfirmasi oleh Kapolresta Mataram, Kombes Pol Mustafa. Di mana dalam berita tersebut memuat fakta, bahwa korban kecelakaan dimintai uang senilai Rp 1 juta hingga Rp 2,5 juta oleh Polisi dari Unit Laka, hanya sekedar untuk mendapatkan surat keterangan kecelakaan.

Namun ironis setelah berita itu termuat, seseorang yang mengaku sebagai anggota Pengamanan Internal (Paminal) pada Bidang Propam Polda NTB sering menghubungi ketiga wartawan tersebut, bahkan hingga mendatangi kediaman seorang wartawan.

Selain itu, tiga media tersebut diminta oleh oknum di Polresta Mataram untuk menghapus berita dan tidak lagi menulis berita serupa.

Terkait hal ini, Ketua IJTI NTB, Sitti Faridha Andipatiroi yang dikonfirmasi menegaskan bahwa perilaku oknum Polresta Mataram tersebut sangat bertentangan dengan kerja – kerja jurnalis yang di lindungi oleh Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999.

Dia mengatakan, jika ada yang dirugikan dari produk berita yang dihasilkan wartawan dilapangan, silahkan gunakan hak jawab, hak koreksi sebagaimana tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dewan Pers dan Polri.

“Wartawan ini menjalankan tugasnya dalam pemberitaan, secara akurat dan berimbang demi kepentingan publik. Produk berita tersebut juga sudah melalui alur editing untuk menguji kebenarannya sebelum dimuat dan menjadi konsumsi publik. Jadi jangan panggil wartawannya, silahkan gunakan hak jawab atau hak koreksi jika merasa dirugikan dengan pemberitaan tersebut. Gunakan mekanisme penindakan pada Undang-Undang Pers jika dibutuhkan,” katanya, Jumat kemarin.

Mengatasnamakan organisasi pers, Sitti Faridha meminta Kapolda NTB segera menyikapi persoalan ini dan menindak tegas oknum Polisi yang telah bertindak di luar dari prinsip tugasnya tersebut.

“Kami siap menyatukan langkah untuk berunjukrasa mendatangi Polresta Mataram hingga Mapolda NTB, apabila oknum Polisi tidak dihukum. Karena telah menghalangi kerja-kerja jurnalis hingga melakukan pungutan liar kepada korban kecelakaan tersebut,” ujarnya. (red)