KORANNTB.com – Pariwisata di Kota Gudeg Jogja ini memang paling tersohor di Indonesia. Itu karena komplitnya wisata yang ditawarkan. Mulai dari wisata alam di Gunung Kidung, eduwisata anak seperti Kebun Binatang Gembira Loka hingga Taman Pintar, wisata sejarah seperti Borobudur hingga Prambanan, wisata kuliner, budaya, hiburan di Malioboro dan lainnya.

Jogja memang sangat ramai dikunjungi, apalagi pusat keramaian di Malioboro yang selalu membludak setiap akhir pekan.

Untuk yang ingin berwisata dari Lombok ke Jogja, ini tips perjalanan yang dapat digunakan.

1. Lembar – Surabaya

Anda bisa menyeberang menggunakan kapal dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat menuju langsung Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Kapal Kirana VII milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) bisa menjadi alternatif. Tarif penumpang untuk dewasa Rp192.000, anak Rp137.000 dan bayi Rp40.000. Itu untuk kelas ekonomi dengan tempat tidur yang nyaman karena memiliki sekat pembatas kepala. Tarif tersebut merupakan tarif terbaru dan khusus untuk penumpang tanpa membawa kendaraan.

Perjalanan ditempuh sekitar 18 jam hingga 21 jam. Anda hanya tidur satu malam di atas kapal dengan nyaman dan dilengkapi pendingin ruangan yang sejuk.

2. Transportasi Darat

Setelah tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Anda dapat menggunakan transportasi darat ke Stasiun Gubeng Surabaya. Transportasi darat dengan tarif maksimal 100 ribuan.

Estimasi waktu perjalanan dari Tanjung Perak ke Stasiun Gubeng sekitar 30 menit.

3. Kereta Api

Setelah tiba di Stasiun Gubeng, Anda bisa membeli tiket menuju Stasiun Yogyakarta atau lebih populer dengan Stasiun Tugu Jogja.

Tarif kereta api cukup variatif, sekitar Rp175 ribu hingga Rp200 ribu untuk kelas ekonomi.

Waktu perjalanan biasanya 5 jam atau 4 jam, dengan pemberhentian di Stasiun Mojokerto, Jombang, Kertosono, Nganjuk, Madiun, Solo Balapan dan Klaten.

4. Penginapan

Tiba di Stasiun Yogyakarta, Anda bisa mencari penginapan. Dianjurkan mencari penginapan dekat Malioboro untuk menghemat budget transparan, karena pastinya wisatawan akan berwisata atau membeli oleh-oleh seperti kaos atau bakpia di sekitar Malioboro.

Banyak penginapan di sekitar Malioboro. Membeli melalui aplikasi lebih murah. Biasanya tarif dari Rp300an ribu atau Rp500an ribu per malam. Tergantung bakat anda mencari hotel murah.

5. Rute Lain

Selain rute Lembar – Surabaya, ada rute lain yang cukup praktis. Anda bisa menyeberang dari Lembar menuju Ketapang Banyuwangi, dengan estimasi waktu sekitar 12 jam.

Dari Banyuwangi, Anda bisa mencari Stasiun Banyuwangi yang sangat dekat dengan pelabuhan. Kemudian menaiki kereta langsung menuju Yogyakarta. Tapi, estimasi perjalanan cukup lama, membutuhkan waktu sekitar 12 jam. Anda dapat tidur dengan posisi duduk di kereta. Anda bisa melihat tarif melalui internet, karena tarif tergantung kereta. (red)