KORANNTB.com – Kapal Kirana VII milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) menyediakan rute berlayar dari Pelabuhan Lembar Lombok Barat menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya atau sebaliknya.

Kapal tersebut akan berlayar dari Lembar ke Tanjung Perak setiap tanggal genap, dan akan berlayar dari Tanjung Perak ke Lembar setiap tanggal ganjil.

Kirana VII menyediakan berbagai fasilitas untuk penumpang. Ini deretan fasilitas yang dapat dinikmati penumpang selama berlayar.

Untuk waktu normal, jarak tempuh Kirana VII sekitar 20 jam atau bahkan bisa kurang dari itu. Penumpang perlu tidur satu malam pada kapal.

1. Tempat Tidur Nyaman

Ada pilihan bagi penumpang Kirana VII untuk memilih tempat tidur atau sekedar duduk saja di ruang hiburan.

Untuk tempat tidur, kapal tersebut dilengkapi pendingin ruangan dan memiliki sekat pada bagian kepala masing-masing penumpang, jadi tidur penumpang dapat dengan nyaman. Ada juga bantalan kepala yang menyatu dengan kasur yang cukup nyaman.

2. Kamar VIP

Untuk penumpang dengan kelas VIP dapat mengakses tempat tidur di bagian depan. Di sana terdapat jendela cukup besar dengan view lautan yang indah. Sayangnya, kamar VIP tidak berupa kasur tidur, tapi kursi yang dapat diturunkan hingga setengah badan saja.

3. Hiburan

Setiap malam dan pagi, di Ruang Senggigi terdapat hiburan oleh sekitar dua biduan yang akan bernyanyi menemani perjalanan penumpang.

Tidak hanya itu, pada ruangan disediakan tv untuk penumpang yang tersedia di setiap pojok tengah masing-masing ruangan.

4. Kafetaria

Ada dua kafetaria di Kirana VII, satu letaknya di bagian tengah kapal dan satu lagi di bagian belakang kapal. Di sana tersedia aneka makanan dan minuman, serta obat-obatan bagi penumpang yang mabuk laut atau masuk angin.

5. WiFi Gratis

Penumpang dapat mengakses WiFi gratis di kapal tersebut. Password WiFi dapat dilihat di ruang informasi yang berada di tengah kapal atau bersebelahan dengan kafetaria. Namun saat di tengah laut, kondisi sinyal cukup sulit.

6. Makanan

Kapal tersebut juga akan membagi makanan untuk penumpang. Petugas akan datang ke tempat tidur penumpang dan membagikan makanan. Jadi tidak perlu mengantre.

7. Ramah Anak

Pada bagian atas kapal, terdapat area bermain anak outdoor dilengkapi beberapa fasilitas seperti perosotan, ayunan hingga kuda-kudaan. Sehingga, anak-anak tidak bosan selama berada di kapal.

8. Area Perokok

Bagi perokok juga memiliki area khusus, sehingga tidak sembarang merokok. Area merokok berada di luar ruangan seperti di kafetaria belakang kapal.

9. Spot Foto

Pada bagian depan atas kapal, tersedia spot untuk berfoto pemandangan dari atas kapal. Penumpang bisa mengambil foto matahari terbenam, matahari terbit, pegunungan, Jembatan Suramadu, gunung dan lainnya.

10. Info Penting dan Keamanan

Petugas kapal akan memberikan informasi melalui saluran informasi kapal setiap ada informasi penting. Misalnya saat kapal melewati Jembatan Suramadu, Gunung Wijen maka petugas akan menginformasikan ke penumpang, sehingga penumpang tidak ketinggalan melihat view yang menarik. Begitu juga dengan informasi salat.

Selain itu, DLU juga melengkapi Kirana VII dengan banyak kemera pengawas. Sehingga penumpang akan cukup aman meninggalkan barang bawaan mereka atau mengecas hp pada tempat cas yang tersedia.

11. Tempat Ibadah

Selain itu, kapal juga memiliki musholla untuk penumpang yang akan berjamaah atau salat Jumat.

12. Tempat Cas Hp

Pada setiap pojok kiri dan kanan ruang penumpang, tersedia kotak cas hp untuk penumpang. Pada satu kotak terdapat enam colokan untuk hp.

13. Kamar Mandi Nyaman

Bagian tengah kapal dilengkapi kamar mandi khusus pria dan kamar mandi khusus wanita. Kamar mandi cukup luas disertai kloset. Pada kamar mandi dilengkapi shower dan tempat menyimpan sabun.

Selain pada bagian tengah, pada bagian atas belakang juga tersedia dua kamar mandi untuk penumpang. Juga terdapat kamar mandi di bagian belakang kapal. DLU sengaja menyediakan banyak kamar mandi agar penumpang tidak lama mengantre.

Itulah dia 13 fasilitas yang menarik di kapal milik DLU itu. Selain fasilitas yang menarik, kapal tersebut juga selalu dijaga kebersihannya oleh petugas kebersihan kapal. Beberapa jam sekali petugas akan berkeliling membersihkan lantai kapal.

Memang dari segi kebersihan dan fasilitas DLU terkenal disiplin. Bahkan setiap kapal milik DLU berangkat dari pelabuhan, para pegawai DLU akan hormat ke arah kapal dari pelabuhan. Itu selalu rutin dilakukan. (red)