KORANNTB.com – Kapal merupakan sarana transportasi laut yang paling banyak diminati. Selain murah dan terjangkau, kini masing-masing perusahaan kapal pelayaran penumpang terus meningkatkan pelayanan dan kualitas.

Kapal memili aturan untuk semua penumpang. Namun beberapa aturan tidak tertulis perlu dan wajib dijalankan oleh penumpang.

Berikut ini adalah hal yang tidak boleh dilakukan penumpang saat berada di kapal.

1. Menyetel Alarm

Jika Anda berlayar seharian dan harus tidur di kapal, sangat tidak dianjurkan untuk menyetel alarm. Itu agar tidak mengganggu penumpang lain yang beristirahat jika alarm Anda berbunyi.

2. Nada Telp

Hindari menggunakan nada telepon yang keras dan cukup mengganggu. Masih banyak sekali penumpang yang tidak memahami ini. Jika waktu larut malam telah tiba dan nada telepon berbunyi dengan keras akan sangat mengganggu penumpang lain.

3. Berlama-lama di Kamar Mandi

Fasilitas kamar mandi kapal memang untuk umum. Namun bukan berarti Anda boleh berlama-lama di kamar mandi. Ingat masih ada penumpang lain yang akan menggunakan kamar tersebut.

Jika Anda ingin mandi, sebaiknya saat penumpang baru masuk kapal dan masih sibuk mengemas barang menjadi pilihan tepat ke kamar mandi. Itu karena fasilitas kamar mandi jarang digunakan. Selain itu saat larut malam juga fasilitas toilet dan kamar mandi jarang digunakan.

4. Berisik

Hindari berisik di atas kapal, apalagi saat penumpang sedang beristirahat. Tentu akan sangat mengganggu mereka, apalagi sebagian besar penumpang sangat lelah berada di atas kapal. Jangan menggangu kualitas tidur mereka.

5. Menyetel Musik dan Game

Hindari menyetel musik tanpa menggunakan headset. Tentu musik yang Anda sukai bukan berarti disukai oleh penumpang lain.

Bukan hanya musik, game yang mengeluarkan suara keras juga dapat mengganggu penumpang.

6. Jorok

Jika Anda terbiasa dengan hidup yang jorok seperti menggunakan toilet tanpa menyiram, membuang sampah sembarang, sebaiknya jangan dilakukan di atas kapal sebelum mendapatkan komplain dari penumpang lain. Tentu tidak akan nyaman saat menerima komplain dari penumpang lain.

7. Bau

Hindari membawa makanan atau barang yang mengeluarkan aroma bau di kapal. Jika Anda membawa makanan dari rumah, sebaiknya usai makan segera menutup rapat tempat makan Anda menggunakan kantong plastik agar aromanya tidak mengganggu penumpang lain. Begitu juga dengan barang lainnya yang mengeluarkan aroma bau. (red)