KORANNTB.com – Halaman atau Fanpage Facebook menurun sangat drastis, itu menjadi keluhan banyak orang yang berkecimpung di dunia informasi saat ini. Media lokal terkena imbas yang diduga berasal dari perubahan algoritma Facebook.

Facebook memang selalu membuat perubahan algoritma seiiring dengan meningkatnya informasi yang di-posting di Facebook. Banyak informasi dalam bentuk link yang dibagikan tidak memiliki jangkauan yang luas. Bahkan tidak ada yang like meskipun artikel bagus dan berkualitas.

Rupanya Facebook mengubah algoritma karena seiring waktu banyak sekali konten yang masuk di Facebook, sehingga ruang umpan menjadi dipersempit. Facebook menyesuaikan dengan minat dan kegemaran pengguna dalam menyeleksi setiap informasi.

Kebijakan ini justru kontradiktif dengan  item-item yang disediakan pada Facebook. Misalnya Fanpage dengan pengikut ribuan orang kini tidak menjadi ukuran konten pada fanpage tersebut dibaca banyak orang. Lantas mengapa ada fitur iklan untuk menarik minat pengguna Facebook menyukai fanpage? Tentu saja sia-sia uang yang dikeluarkan pemilik atau admin fanpage atau halaman tersebut.

Berikut ini ada beberapa penyebab merosotnya jangkauan organik halaman Facebook:

Baca selanjutnya…