KORANNTB.com – Seorang Youtuber asal Lombok yang tinggal di Jepang, Dian, membagikan kisahnya saat tinggal di Jepang. Dia mengatakan banyak hal yang lumrah di Indonesia namun sangat dilarang di Jepang, misalnya menyapa anak-anak.

Suatu ketika dia tinggal di sebuah rumah dekat dengan rumah tetangganya yang memiliki anak. Saat di luar dia melihat anak tetangga sedang bermain, dengan akrab dia menyapa “koniciwa” yang artinya (halo) sambil tersenyum.

Salah satu bocah lainnya kemudian bertanya padanya, siapa dia? Dian menjawab “kita teman.” Tampa berpikir aneh-aneh, dia langsung masuk ke rumah. Dalam kamar dia melihat ada mainan anak-anak. Dengan maksud berbaik hati, dia dari jendela menawarkan mainan kepada anak-anak itu, namun ditolak.

Berselang beberapa lama, rumahnya didatangi petugas kepolisian setempat. Polisi bertanya maksud dia menyapa anak-anak. Dian menjawab itu lumrah terjadi di Indonesia. Namun polisi Jepang mengatakan itu tidak boleh dilakukan di Jepang, hal itu untuk mengantisipasi penculikan.

Dian pun diminta untuk menandatangani surat teguran tidak mengulangi perbuatannya serupa. Dia kapok untuk menyapa anak-anak di sana.

Ya memang Negeri Sakura terkenal tertib dan selalu waspada terhadap orang asing. Jika belum mengenal secara akrab, jangan coba-coba menyapa anak-anak di Jepang. (red)