KORANNTB.com – Pers Mahasiswa saat ini belum memiliki perlindungan hukum. Padahal telah banyak sekali pers mahasiswa yang berkembang dan dikelola mahasiswa. Sebut saja Balairung di UGM, Suara Mahasiswa UI, Justibelen di Unram dan lainnya.

Kabar gembiranya, kini Dewan Pers menyiapkan perlindungan bagi pers mahasiswa di Indonesia.

Ketua Dewan Pers Dr Ninik Rahayu mengatakan saat ini Dewan Pers menyiapkan regulasi khusus untuk perlindungan Pers Mahasiswa.

“Saat ini, Dewan Pers tengah menyiapkan regulasi terkait perlindungan terhadap pers mahasiswa, yang akan kami godok bersama-sama dengan kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristekdikti),” ujarnya saat membuka acara talk-show Dewan Pers di Universitas Airlangga (Unair), Rabu, 8 April 2023.

Acara talk show bertajuk “Kemerdekaan Pers, Jurnalisme Warga, dan Peran Media Sosial” ini merupakan bagian dari rangkaian program Dewan Pers Goes to Campus yang bertujuan untuk menyemai bibit-bibit jurnalisme berkualitas di kalangan mahasiswa.

Sekitar 150 mahasiswa Unair dari berbagai fakultas hadir mengikuti acara yang menghadirkan narasumber Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya, dosen FISIP Unair Suko Widodo, ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Surabaya Eben Haezer, dan pegiat media sosial  Anelies Praramadhani.

Selanjutnya…