KORANNTB.com – Tiga proyek baru di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika diresmikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, Minggu, 9 Juli 2023. Tiga proyek tersebut adalah Pullman Lombok Merujani Mandalika Beach Resort, Kuta Lane dan Masjid Al-Hakim.

Proyek tersebut dikembangkan dan dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), perusahaan member PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney.

Peresmian tersebut menjadi tonggak penting dalam pengembangan dan tranformasi KEK Mandalika yang menjadi program strategis nasional atau yang dikenal dengan “Bali Baru” oleh Presiden Jokowi.

Erick Thohir merasa yakin pembangunan di Mandalika memberikan dampak positif bagi ekonomi Indonesia dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Kami percaya bahwa pengembangan KEK Mandalika yang sedang dan masih berjalan ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi ekonomi Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” katanya.

Masjid Al-Hakim

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria, mengatakan akan terus berkomitmen untuk memajukan Mandalika.

“InJourney group berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memajukan KEK Mandalika atau The Mandalika sebagai destinasi wisata unggulan,” ujarnya.

“Kami percaya bahwa kerjasama dengan berbagai pihak yaitu pemerintah, mitra bisnis dan masyarakat setempat, akan membawa kemajuan berkelanjutan, khususnya untuk kawasan The Mandalika,” kata Dony.

Pullman Lombok Merujani Mandalika Beach Resort, adalah hotel bintang lima pertama di Mandalika, dibangun di atas lahan seluas 4,5 hektare. Desain yang digunakan menggabungkan gaya arsitektur modern dengan sentuhan budaya lokal yang khas, terletak di lokasi strategis menghadap pantai yang indah.

Kuta Lane

Hotel tersebut memiliki 230 Regular Rooms, 27 Villa dan dilengkapi dengan fasilitas lobby, all day dining, main pool, pool bar, gym & spa, small meeting room, meeting, incentive, convention, and exhibition (mice), musholla, parking area, dan speciality resto.

Kemudian, Kuta Lane sebagai Landmark baru di kawasan The Mandalika, menjadi objek inovatif dan sebuah koridor pedestrian yang nyaman dan fungsional berfungsi sebagai akses penghubung antara Bazaar Mandalika dengan Kuta Beach Park (KBP).

Kuta Lane dirancang dengan tujuan untuk memfasilitasi dan meningkatkan alur aktivitas para pengunjung atau wisatawan dari KBP menuju area Bazaar Mandalika dan sebaliknya.

Kuta Lane dilengkapi dengan artwork space, taman bermain anak-anak yang ramah, spot-spot foto ikonik yang memukau, dan panggung hiburan yang siap menjadi tempat pertunjukan seni musik, tari dan teater yang menarik.

Terakhir, Masjid Al-Hakim di Dusun Ujung, Desa Kuta, Kecamatan Pujut. Masjid ini dibangun dengan tujuan untuk memberikan fasilitas keagamaan yang nyaman bagi pengunjung dan masyarakat setempat di The Mandalika. Masjid yang dibangun dalam dua lantai ini dilengkapi dengan fasilitas toilet, tempat wudhu, area parkir dan taman, dengan desain yang modern namun tetap memperhatikan nilai-nilai budaya dan arsitektur tradisional. (red)