KORANNTB.com – Namanya Haji Karman. Dia merupakan tokoh muda yang aktif di berbagai organisasi kepemudaan. Ketua Himpunan Masyarakat Lombok (Himalo) di Jakarta ini bertekad untuk berhidmat kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat. Khususnya di Pulau Lombok.

Nama Karman tercantum sebagai bakal calon anggota DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di daerah pemilihan NTB 2 Pulau Lombok pada pemilu legislatif 2024. Karman yang pernah menjabat Ketua Umum Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) periode 2013-2017 ini dikenal inspiratif. Terutama di kalangan pemuda dan aktivis mahasiswa.

“Mudah-mudahan pemilu 2024 nanti masyarakat se Pulau Lombok memercayai saya untuk jadi salah satu legislator di Senayan,” ujar Karman kepada wartawan, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Link Banner

Bukan kali ini saja, sebelumnya Karman pernah bertarung di panggung politik sebagai caleg DPR RI. Kecintaannya di dunia politik bermula dari kegemarannya berorganisasi. Bahkan sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Selain aktif berorganisasi, dia juga menginisiasi perusahaan patungan  bersama rekan aktivisnya. Belakangan, dia menduduki posisi komisaris di salah satu anak perusahaan BUMN di Jakarta. “Tapi karena mau fokus nyaleg, saya mundur dari posisi komisaris di salah satu BUMN di Jakarta,” ungkapnya.

Sebagai aktivis mahasiswa dan pemuda, Karman terlatih untuk mengerjakan tugas-tugas kemasyarakatan. Dia juga aktif di forum-forum diskusi terkait berbagai persoalan. Baik menyangkut ekonomi, sosial, pendidikan, dan kebudayaan.

Wakil Ketua Pengurus Besar Ikatan Alumni Pondok Pesantren Nurul Hakim (IKPPNH) ini bahkan aktif berdakwah. Tidak heran jika dia memilih PKS sebagai kendaraan politiknya. Baginya, PKS merupakan parpol yang konsisten memperjuangkan kepentingan rakyat.

“PKS ini merupakan partai masa depan yang cerah. Track record partai ini juga bagus, sangat berpihak pada kepentingan ummat. Sangat concern dalam artikulasi isue-isue kerakyatan,” tegasnya.

Terkait itu, dia berupaya maksimal untuk bergerak. Membangun simpul-simpul dan menghimpun kekuatan untuk kesejahteraan rakyat NTB ke.depannya. Optimisme Karman ini bukan isapan jempol.

PKS di NTB merupakan salah satu partai besar yang kini menguasai eksekutif di NTB. PKS juga berhasil menempatkan kadernya baik di DPR RI dan menjadi Wakil Ketua di DPRD Provinsi NTB. Tidak terkecuali di 10 Kabupaten/Kota di NTB.