KORANNTB.com – Razia kendaraan bernama Operasi Zebra Rinjani 2023 mulai digekar hari ini, Senin 4 September 2023 di seluruh kabupaten dan kota di NTB. Razia kendaraan ini akan berlangsung hingga dua pekan ke depan.

Sejumlah titik rawan pelanggaran lalulintas akan digelar razia mulai 4 hingga 17 September 2023. Masing-masing Polres sudah mematangkan persiapan untuk razia tersebut.

Polres Lombok Utara pada Sabtu kemarin menggelar Lat Pra Operasi Zebra untuk menyiapakn personel dalam menggelar razia.

Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro mengatakan operasi ini fokus pada meminimalisir angka lakalantas  serta pelanggaran lalu lintas yang ada di Kabupaten Lombok Utara.

Razia juga merupakan operasi cipta kondisi dalam menghadapi Oprasi Mantap Brata 2023 – 2024 sehingga terwujudnya keamanan, keselamatan dan ketertiban dan kelancaran lalulintas.

Ini Lokasi Razia di Lombok Selama Dua Pekan

“Lat Pra Ops ini digelar dalam rangka memberikan  pembekalan dan menyamakan presepsi kepada anggota yang terseprin  di dalam mengamplifikasikan tugas di lapangan,” katanya.

Personel yang bertugas diharapkan bisa lebih profesional, humanis  dan terarah dalam mengambil suatu tindakan di lapangan. Operasi tersebut juga menekankan langkah edukasi kepada masyarakat.

“Anggota agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan lakukan komunikasi dengan baik dengan masyarakat, sehingga dapat meminimalisir keluhan ataupun aduan yang terjadi di lapangan,” ujarnya.

Dalam razia tersebut, pengendara yang tidak mematuhi aturan lalulintas akan diedukasi oleh kepolisian.