KORANNTB.com – Razia atau Operasi Zebra Rinjani 2023 mulai digelar serentak di NTB mulai 4 September hingga 17 September 2023. Razia yang berlangsung selama dua pekan itu menyasar pengendara yang tidak tertib berlalulintas.

Penindakan dalam operasi ini dilakukan secara hunting (memburu) melalui patroli dengan mengutamakan pelanggaran kasat mata seperti pengendara ugal-ugalan, tidak menggunakan helm, berboncengan sepeda motor lebih dari satu, menggunakan hp sambil berkendara, lawan jalur, mabuk saat berkendaraan serta balapan liar.

Polres Lombok Tengah juga turut menggelar razia kendaraan tersebut. Ada sebanyak 150 personel gabungan diturunkan dalam operasi.

Link Banner

“Operasi Zebra Rinjani 2023 kali ini kita melibatkan 150 personil gabungan dari TNI-POLRI, Dinas Perhubungan atau instansi terkait,” kata Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat, Senin, 4 September 2023.

Dia mengatakan akan menindak secara tegas pengendara yang tidak mematuhi rambu-rambu dan aturan berlalulintas.

“Apabila masih ditemukan pelanggaran kasap mata seperti tidak memakai helm standar SNI, berkendara dalam pengaruh alkohol, melawan arus dan melanggar rambu-rambu Lalu-lintas akan dilakukan penindakan, baik berupa teguran maupun tindakan tilang sebagai bentuk memberikan efek jera terhadap pelaku pelanggaran lalu lintas,” tegas Iwan.

Berikut ini adalah lokasi razia di Lombok Tengah: