KORANNTB.com – Kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin oleh Jessica Kumala Wongso resmi tayang dalam bentuk dokumenter di Netflix sejak Kamis kemarin. Dokumenter berdurasi 1 jam 26 menit itu lebih menonjolkan “pertempuran hukum” antara penasehat hukum dan jaksa penuntut.

Pengacara Jessica, Otto Hasibuan memperlihatkan kemampuannya mengubah opini publik yang semula menuduh Jessica sebagai dalang kasus kematian sahabatnya Mirna, menjadi bersimpati dengan Jessica.

Dokumenter tersebut menonjolkan bagaimana lika liku persidangan kasus Kopi Sianida yang menampilkan ahli hukum, ahli forensik, ahli luar negeri hingga polisi Australia.

Dokumenter berjudul ‘Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso’ memperlihatkan bagaimana pertemuan Jessica, Mirna bersama temannya di sebuah kafe elit di Jakarta yang berubah menjadi TKP.

Bagaimana kasus pembunuhan yang sederhana tersebut memikat banyak media di Indonesia untuk menjadikannya isu utama. Hingga bagaimana perdebatan hukum di pengadilan yang panjang dan panas.

Pada dokumenter tersebut juga menonjolkan ayah Mirna, Edi Darmawan Salihin yang begitu lantang melawan Otto Hasibuan dengan berbagai cara. Pria yang dikenal keras dan sering membawa senjata api itu dengan segala cara mengungkap pembunuhan anak kesayangannya.

Hingga Jessica dijebloskan ke penjara, belum ada satu bukti yang secara langsung memperlihatkan Jessica menaruh racun pada kopi Vietnam yang diminum Mirna. Persidangan hanya mengungkap pendapat hukum yang subjektif dari masing-masing pihak. Keyakinan hakim disebut menjadi alasan Jessica divonis 20 tahun penjara atas pembunuhan berencana.