KORANNTB.com – Dokumenter Netflix berjudul ‘Ice Cold: Murder, Ice Coffee and Jessica Wongso’ ramai menjadi perbincangan publik akhir-akhir ini. Dokumenter tersebut mengulas kematian Wayan Mirna Salihin oleh Jessica Kumala Wongso yang diracun menggunakan kopi bercampur racun sianida.

Dokumenter tersebut membuat publik ragu benarkah Jessica dalang kematian Mirna sesungguhnya, karena belum ada satu bukti di persidangan yang memperlihatkan Jessica menuang sianida pada kopi Vietnam yang diminum Mirna pada salah satu kafe di Jakarta.

Dilansir dari viva.co.id, ayah kandung mendiang Wayan Mirna Salihin, Edi Darmawan Salihin menganggap dokumenter tersebut ‘sampah’ dan merasa ditipu.

Link Banner

“Jadi pertama, saya mau jelaskan soal yang kelihatan mungkin saya arogan, saya salah. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan benar-benar saya izin untuk memberikan penjelasan yang jelas sekali supaya netizen dan warga Indonesia tidak terkecoh oleh Netflix,” kata dia, seperti dikutip dalam wawancara eksklusif Karni Ilyas dengan Edi Darmawan bertajuk ‘Jessica Divonis Membunuh Mirna’ di tvOne, Jumat malam, 6 Oktober 2023.

Edi merasa ditipu saat proses syuting dokumenter tersebut. Menurutnya dokumenter itu tidak sesuai kenyataan.

“Jadi gini, Netflix ini saya ketipu sama Netflix, syuting kita directornya maupun sutradaranya itu namanya Rob Sixsmith. Saya nggak dapat apa-apa dari dia, cuma dia minta tolong untuk saya menjawab dan saya jawab tapi kenyataannya apa? Yang dia tayangkan itu nggak sesuai dengan kenyataan yang ada,” ujarnya.

“Jadi kita selesaikan ya, Netflix itu mohon dilupakan saja, karena dia itu bikin (film dokumenter) sampah lah habis, enggak benar,” katanya.

Meski demikian dokumenter tersebut mengulas dari berbagai sisi yang bertautan dengan kasus kematian Mirna. Seluruh narasumber yang kompeten dalam kasus tersebut juga diangkat dalam dokumenter tersebut.

Bahkan, dokumenter tersebut masuk dalam daftar 10 besar yang sering diputar di Netflix.