KORANNTB.com – Beredar sebuah video di  media sosial yang menampilkan kapal wisatawan karam. Terlihat puluhan wisatawan menggunakan pelampung keselamatan berenang di dekat perahu karam tersebut.

Pada narasi unggahan video tersebut, perahu nelayan karam disebut terjadi di Gili Trawangan Lombok.

“Kapal Fastboat sari bali ke gili trawangan semoga tidak ada korban jiwa,” tulis seorang netizen.

Link Banner

Video tersebut kemudian mendapat respon beragam pengguna media sosial.

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran fakta koranntb, kejadian kapal karam tersebut bukan terjadi di Lombok atau perairan Gili Trawangan.

Disadur dari abc7chicago.com, kejadian tersebut terjadi di sebuah perairan menuju Pulau Blue Lagoon, sebuah tujuan wisata populer yang terletak di timur laut ibu kota Nassau, Bahama.

Seorang wanita berusia 74 tahun dikabarkan meninggal dunia dari peristiwa tersebut.

Kapal tersebut karam akibat ombak besar yang menghantam badan kapal. Kejadian terjadi pada Selasa 14 November 2023.

“Kepala Inspektur Chrislyn Skippings mengatakan kepada Associated Press bahwa wanita berusia 74 tahun yang tidak disebutkan namanya itu berasal dari Broomfield, Colorado dan sedang berlibur lima hari bersama keluarganya ketika kapal katamaran itu tenggelam pada Selasa pagi,” tulis sumber berita.

Sumber:

https://abc7chicago.com/the-bahamas-ferry-sinks-blue-lagoon-nassau/14063849/

Kesimpulan:

Postingan di media sosial tersebut mengabarkan kejadian perahu karam terjadi di perairan Gili Trawangan Lombok Utara, yang menjadi langganan wisatawan mancanegara yang datang dari Bali.

Faktanya kejadian tersebut bukan terjadi di perairan Gili Trawangan, tetapi terjadi di perairan menuju Pulau Blue Lagoon, sebuah tujuan wisata populer yang terletak di timur laut ibu kota Nassau, Bahama.