Partnership

Partnership kata Karioka merupakan suatu bentuk kerjasama dua orang atau lebih yang bersama-sama memiliki sebuah bisnis dengan tujuan menghasilkan laba atau keuntungan.

“Solusi partnership merupakan solusi yang penting untuk pengembangan perusahaan maupun diri kita,” katanya.

Caleg nomor urut 8 DPR RI Dapil NTB 2/Pulau Lombok ini menjelaskan keuntungan dalam bisnis partnership yaitu mendapat modal untuk mengembangkan bisnis, memiliki backup atau bantuan saat mengalami kerugian dan masalah hukum, tersedia modal cadangan apabila banyak mitra, mendapat pinjaman bukan dari bank dengan bunga minim, keuntungan dibagi sesuai porsi dan bisa berkonsultasi mengenai ide, rencana hingga strategi pemasaran.

Link Banner

“Ingat juga bisnis itu tidak selalu untung, bisa juga rugi. Ini menjadi sering masalah. Kadang masyarakat sering menuntut dan berpikir BUMN itu selalu untung,” kata dia.

Kajian

Terakhir adalah kajian. Manfaat studi kelayakan studi yang dirasakan bagi pengusaha adalah dapat membantu mereka saat mengambil keputusan terkait bisnisnya. Sedangkan bagi pebisnis akan penting untuk dilakukan di awal rencana agar meminimalkan atau mencegah dari kerugian.

“Misalnya mau ke Narmada dalam waktu 1 jam, jika waktu cukup mungkin bisa menggunakan bus untuk biaya lebih murah. Tapi kalau 1 jam pakai mobil sudah boros,” ujarnya.

Kajian kata Karioka penting untuk menemukan yang lebih efisien dalam bisnis.